Zudan Arif Fakrulloh: “ Tak ada yang Perlu Dikritik Dengan Pelayanan Disdukcapil Limapuluh Kota”

0
112
Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi menyerahkan cenderamata kepada Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh di pendopo rumah dinas bupati, Sabtu (4/11)

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Limapuluh Kota. Menurutnya, tidak ada yang perlu dikritik dengan pelayanan Disdukcapil daerah ini.

“Saya puas dan gembira dengan sistem pelayanan termasuk kondisi ruangan pelayanan Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota. Saya rasa tidak ada yang perlu dikritik dengan pelayanan Disdukcapil ini,” ungkap Zudan di hadapan para Kepala Disdukcapil se-Provinsi Sumatera Barat serta delapan kepala Disdukcapil luar Sumatera Barat di ruang pelayanan Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (5/11).

Pujian Dirjen Dukcapil itu tentu cukup beralasan. Sebab, Disdukcapil daerah ini telah menyuguhkan pelayanan seperti di Bank-Bank yang menerapkan sistim loket dengan membuka sepuluh loket. Penyelesaikan setiap dokumen, sudah tuntas dalam waktu tidak sampai satu jam, sepanjang persyaratan lengkap dan elemen datanya sama.

Selain itu, ruangan pelayanan Disdukcapil yang berlokasi di lokasi eks kantor Bupati Limapuluh Kota ini juga memiliki ruang tunggu yang cukup luas dan berisikan berbagai sosialisasi, himbauan serta ajakan untuk pengurusan administrasi kependudukan. Tak kalah menariknya, di dinding ruangan pelayanan  juga memajang foto keindahan objek wisata unggulan daerah ini.

“Saya merasa senang dan nyaman berada di ruangan pelayanan Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota ini. Sebab, ruangan cukup apik dan menarik. Lebih menyenangkannya di sini juga ada foto keindahan objek wisata daerah yang sekaligus menjadi ajang promosi wisata,” tutur Dirjen Zudan sembari menyebut gedung itu cukup memenuhi syarat sebagai ruangan pelayanan.

Pada kesempatan itu Dirjen juga mengaku senang dengan program jemput bola yang diterapkan Disdukcapil Limpuluh Kota ke nagari-nagari dan sekolah-sekolah sebagai upaya optimalisasi layanan dokumen kependudukan, terutama bagi warga yang mengalami keterbatasan fisik.

Lebih jauh Dirjen Dukcapil Zudan juga mengapresiasi pelaksanaan perekaman KTP elektronik di Kabupaten Limapuluh Kota yang telah mencapai 94% dan pencapaian akte kelahiran yang berada pada angka 82,86%. Namun, khusus untuk pencapaian akte kelahiran, Dirjen berharap tahun ini bisa mencapai 85%.

“Saya senang dengan pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan di daerah ini. Saya yakin Limapuluh Kota bisa terus berinovasi dalam hal pelayanan  administrasi kependudukan ini,” ulang Dirjen Zudan sembari mengatakan ia sengaja datang ke daerah-daerah untuk memastikan pelayanan Disdukcapil berjalan sesuai harapan.

Sebelumnya Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi didampingi Kepala Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota Afrizal Aziz, SH ketika menerima kedatangan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh di pendopo rumah dinas bupati menuturkan, pihaknya terus berusaha melakukan upaya peningkatan kinerja Disdukcapil daerah ini dalam rangka mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Targetnya, penyelesaian pengurusan administrasi kependudukan itu tidak lebih dari satu jam,

“Saya selalu mengingatkan para petugas di Disdukcapil untuk menyuguhkan pelayanan prima dengan mengupayakan urusan administrasi kependudukan itu bisa tuntas paling lama satu jam. Kalau bisa, selesai dalam hitungan menit tanpa tebang pilih,” ujar Irfendi menjawab wartawan.

Khusus bagi warga yang berada jauh di pelosok nagari dan warga yang mengalami keterbatasan fisik, Irfendi mengatakan  Disdukcapil akan jemput bola ke lokasi. Dengan program jemput bola itu, petugas siap memberikan pelayanan di luar kantor bahkan di luar jam dinas.

“Petugas kita juga siap melayani warga di luar kantor untuk melakukan perekaman dokumen kependudukan bagi warga yang mengalami keterbatasan fisik. Artinya bagi mereka yang tidak mampu akan kita datangi ke rumahnya,” ulas Bupati yang setahun belakangan cukup banyak merebut prestasi tingkat nasional.

Sementara menyikapi harapan pencapaian akte kelahiran sebesar 85% tahun ini, Afrizal menyebut optimis merelisirnya dengan lebih mengintensifkan kerjasama dengan mitra kerja seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Kantor Kemenag, BPJS dan lainnya. Selain itu, Disdukcapil juga akan lebih mengintensifkan lagi program jemput bola ke sekolah-sekolah, nagari-nagari hingga jorong.

Dalam kesempatan itu Dirjen Zudan Arif Fakrulloh juga menyerahkan KTP elektronik pemula secara simbolis kepada siswa SMAN 1 Kecamatan Harau yang secara keseluruhan berjumlah 120 KTP. Administrasi kependudukan itu selesai dicetak setelah sebelumnya Disdukcapil turun ke seluruh sekolah tingkat SLTA di daerah ini melakukan perekaman.

Disamping itu juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepemilikan akte kelahiran usia 0 sampai 18 tahun dan perekaman KTP elektronik tertinggi yang masing-masingnya diperoleh Kecamatan Payakumbuh, Guguak, Luak dan Suliki. Ikut hadir dalam kesempatan itu Plt Sekdakab Limapuluh Kota Ir. M Yunus, MT. (est)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here