100 Rumah di Nagari Tarantang Terendam Banjir, 25 KK di Padang Belimbing dan Kubang Rasau Diungsikan

oleh -2.389 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Setelah sejumlah jorong di kawasan Kecamatan Lareh Sago Halaban dan Kecamatan Luak terendam banjir. Kini, giliran Nagari Taram dan Nagari Tarantang, Kecamatan Harau yang mulai diterjang banjir.

Informasi yang beredar lewat media sosial WhatsApp dikabarkan bahwa, sampai Sabtu malam (3/11) sedikitnya hampir 100 rumah penduduk yang ada di kawasan Nagari Tarantang, Harau, terendam banjir.

“Banjir yang merendam Nagari Tarantang, selain dipicu naiknya debit air Batang Harau, juga disebabkan tingginya curah hujan yang turun beberapa hari terakhir di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota, ” ujar Adi Putra sembari mengirimkan sejumlah foto kondisi banjir yang mulai merendam rumah penduduk di Nagari Tarantang, Harau.

Meskipun sejauh ini belum ada laporan berapa besar kerugian harta benda yang dialami warga setempat atas musibah banjir yang melanda Nagari Tarantang. Namun yang pasti, akibat makin tingginya luapan air Batang Harau membuat masyarakat setempat mulai merasa cemas akan dampak genangan banjir yang makin meluas.

Sementara itu akibat tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota, banjir juga merendam sejumlah rumah penduduk di Kenagarian Taram, Harau.

Dilaporkan, genangan banjir tak hanya sebatas merendam rumah penduduk dan lahan pertanian masyarakat yang ada di daerah itu. Bahkan akses jalan Jorong Subarang, Taram, dilaporkan terputus akibat terendam banjir.

Sementara itu kabar terkini yang diperoleh media ini dari Kapolsek Luhak, AKP Kaspi Darmis, SH,MH, menyebutkan bahwa, dari hasil Giat Unit Intelkam Polsek Luhak Polres Payakumbuh, Sabtu (3/11) Jam 22.10 Wib, di Jorong Padang Belimbing dan Jorong Kubang Rasau, Nagari Bukik Sikumpa, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, terpantau air Batang Air Sinamar mulai meluap dan merendam rumah warga yang berada di pinggiran Batang Sinamar.

“ Adapun jumlah rumah yang terendam karena luapan Batang Sinamar  tercatat  sebanyak 25  rumah. Untuk sementara 25  KK yang terkena bencana banjir tersebut telah diungsikan ke tempat yang aman di Mushola Al Kautsar Jorong Padang Belimbing Nagari Bukik Sikumpa,” pungkas AKP Kaspi Darmis, SH,MH. (edw)