Majukan Ekonomi Kreatif, Pemko Bukittinggi Teken MoU dengan Bekraf

Bukittinggi.Dekadepos.com.

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menandatangani MoU dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia di Kementerain BUMN lantai 15,Jakarta, Jumat (24/5) kemaren.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi H.Erwin Umar melalui Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Pe muda dan Olahraga Kota Bukittinggi, Hj.Suzi Yanti kepada Dekadepos, Selasa (28/5) mengatakan, MoU yang ditandatangani Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata pemuda dan Olahraga dengan Bekraf Indonesia merupakan bentuk Komitmen untuk memajukan Ekonomi Kreatif, karena Ekonomi kreatif salah satu kegiatan ekonomi yang menjadikan kereativitas sebagai modal utama dalam menciptakan nilai tambah ekonomi.

“Ekonomi kreatif diartikan sebagai kegiatan ekonomi yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produk utama dalam kegiatan ekonominya”,ujar Suzi Yanti.

Untuk itulah kita dari Pemerintah Kota Bukittinggi ingin bekerjasama dengan Bekraf Indonesia guna meningkatkan promosi, kualitas dan pemasaran, sehingga usaha ekonomi kreatif itu bisa bersaing di pasar Nasional dan Internasional, sambung Suzi Yanti.

Dikatakan, didalam Kegiatan Ekonomi ktreatif itu, ada 16 Subsektor Industri kreatif. Diantaranya, Aplikasi dan pengembangan Permainan seiring dengan semakin meningkatnya penetrasi smartphone di Indonesia, industri pengembangan aplikasi dan permainan di tanah air pun semakin meningkat.

Beberapa pengem bang aplikasi dan game baru muncul. Arsitektur sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif memiliki peranan yang penting dari sisi kebudayaan dan pembangunan. Dari sisi budaya, arsitektur mampu menunjukkan karakter budaya bangsa Indonesia yang beraneka ragam.

Berikutnya, Desain Produk, dimana Hasil dari subsektor yang satu ini, sering kita jumpai sehari-hari. Ada tangan-tangan terampil dari desainer produk yang mengkreasikan sebuah produk dengan menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga memiliki nilai tambah bagi masyarakat. Fesyen merupakan subsektor industri kreatif yang berjalan sangat dinamis. Berbagai trend feshion bermunculan setiap tahunnya karena inovasi dan produktivitas desainer . Bukittinggi sendiri sudah menjadi claster untuk pakaian Muslim dengan mengedepankan Bordir Karancang
Desain Interior, Apresiasi masyarakat terhadap bidang ini juga semakin baik.

Namun, ada beberapa hal yang masih perlu menjadi perhatian dari sektor ini seperti proteksi terhadap para pelaku kreatif desain interior di pasar domestik, adanya sertifikasi untuk menciptakan standar, dan perlindungan hak cipta. Desain Komunikasi Visual atau yang sering dikenal dengan sebutan DKV merupakan ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dengan memanfaatkan elemen visual seba gai cara untuk mencapai tujuan tertentu.

Desain Komunikasi Visual memiliki peranan yang penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis swasta, pemilik merek, bahkan program-program pemerintah.

Selanjutnya ada Seni Pertunjukan Bukittinggi sangat kaya dengan seni pertunjukan, seni yang berakar budaya yang bisa bersaingan dengan seni seni pertunjukan dari daerah lainnya.Film, Animasi dan Video,Industri perfilman ,saat ini sedang mengalami perkembangan yang positif.

Berbagai judul film silih berganti menghiasi layar bioskop Indonesia. Animasi juga menunjukkan perkembangan yang positif. Kita bisa melihat munculnya serial animasi di televise nasional yang sebelumnya hanya diisi oleh animasi-animasi dari luar negeri.Fotografi Perkembangan industri fotografi didukung oleh minat anak muda sekarang yang semakin tinggi terhadap dunia fotografi.

Tingginya minat tersebut disebabkan karena semakin berkembangnya sosial media dan harga kamera yang semakin terjangkau. Bukittinggi sudah 2 tahun berturut turut melaksanakan even lomba fotografi yg taraf Nasional,ujar Suzi Yanti.

Kemudian,ada juga Kriya yang merupakan segala kerajinan yang berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil. Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan kerajinan seni kriya. Hasil kerajinan tersebut selain untuk pasar domestik, banyak juga yang ekspor ke luar negeri. Kuliner yang memiliki potensi yang kuat untuk berkembang. Beberapa hal yang masih menjadi perhatian peme rintah yaitu akses perizinan satu pintu, panduan bisnis dan perizinan, hingga pen dampingan hukum dalam proses pendirian usaha.

Ada juga Musik yang merupakan industri yang sangat dinamis. Perkembang an terbaru saat ini di dunia musik semakin banyaknya platform pembelian musik digital yang mudah dan murah sehingga mengurangi aksi pembajakan. Penerbitan ,Industri penerbitan berperan dalam membangun kekuatan intelektualitas bang sa.Periklanan merupakan suatu penyajian materi yang berisi pesan persuasif kepa da masyarakat untuk mempromosikan produk atau jasa. Konten-konten iklan bia sanya dibuat khusus oleh sekelompok orang yang biasanya disebut sebagai agensi iklan.Seni rupa dan terakhir Televisi dan Radio yang masih menunjukan eksistensi nya ditengah tengah arus Informasi digital yang kian masif,ungkap Suzi Yanti.

Menurut Suzi yanti,dari 16 sektor ekonomi kreatif itu,Untuk kota Bukittinggi ada beberapa sektor yang sudah sedikit berkembang antara lain,Seni pertunjuk an, Fasyen,Kuliner. Kriya dan Fotografi.Untuk itulah Pemerintah kota Bukittinggi ingin bekerjasama dengan Bekraf guna meningkatkan promosi , kualitas dan pema saran sehingga usaha ekonomi kreatif itu bisa bersaing di pasar Nasional dan Inter nasional,tambah Suzi Yanti.( Edis )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *