17 Tahun Huni Gubuk Reot, Amri Kini Punya Tempat Tinggal Layak

oleh -24 views
Gubuk Amri Sesudah dan Sebelum di Rehab.

Payakumbuh, Dekadepos.com

Walikota Payakumbuh Riza Falepi didampingi sejumlah pihak mengunjungi rumah Amri warga Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Lampasi Tigo Nagari yang merupakan warga terakhir penerima bantuan Bedah Rumah yang diinisiasi oleh Walikota melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman. Walikota dan rombongan disambut dengan ramah oleh pemilik rumah beserta keluarga. Amri, yang 17 tahun menghuni gubuk reot itu mengucap syukur dan terima kasih kepada Walikota setelah tempat yang ia huni selama belasan tahun berubah menjadi layak huni.

“Alhamdulillah, terima kasih pak, sudah dibantu dibuatkan rumah,” ujar Amri sedikit terbata sesaat setelah menjabat tangan Walikota Payakumbuh.

Bersama istri dan dua anaknya, Amri mengaku sangat bersyukur, karena selama ini tinggal dirumah (baca: gubuk) kayu yang sudah tua dan lapuk. “Kami sudah tinggal kurang lebih 17 tahun disini pak, bahkan dua anak kami lahir dirumah lama ini,” ujar Amri dan istri.

Menanggapi itu, Walikota Payakumbuh mengaku terharu sekaligus mengajak Amri dan keluarga untuk terus bersyukur. Pihaknya juga meminta maaf karena bantuan bedah rumah baru bisa terealisasi pada akhir tahun anggaran 2018 ini. “Saya mohon maaf, karena baru sekarang bisa membedah rumah pak Amri, sebetulnya pengusulan sudah lama, cuma karena terkendala kepemilikan tanah, maka kita tunggu dulu sampai pengurusan selesai, baru bisa kita bedah,” ungkap Walikota Riza Falepi.

Dikatakan, terlaksananya proses bedah rumah tersebut berkat partisipasi banyak pihak termasuk partisipasi warga setempat. Dirinya berharap kiat demikian bisa membudaya dikalangan masyarakat Kota Payakumbuh. “Untuk membedah rumah ini kita urunan (baca:sumbangan), ada dari dana taktis kami selaku walikota, dari Baznas, BNI, dan juga masyarakat. Ini yang menarik dari bedah rumah ditempat kita,  membagun dengan kebersamaan dan gotong royong, maka tak salah program bedah rumah kita termasuk yang terbaik di nasional. Banyak daerah lain studi banding kedaerah kita,” ucap Walikota sembari mengucapkan terima kasih kepada warga Payakumbuh yang sudah berpartisipasi.

Selama memimpin Payakumbuh, Walikota Riza Falepi telah membedah hampir 2000 rumah warga kurang mampu. Disamping bersumber dari APBD, dana bedah rumah juga berasal dari bantuan pemerintah pusat. (Edw)

No More Posts Available.

No more pages to load.