Ramadhan 1439 H, Warga LPKA Tanjung Pati Isi Berbagai Kegiatan Keagamaan

oleh

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Tak jauh berbeda dengan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya, Puluhan Warga Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Sumatera Barat di Tanjung Pati Kabupaten Limapuluh Kota, mengisi siang dan malam Ramadhan dengan kegiatan keagamaan. Selain mengaji pagi hari, malam harinya sebagian dari mereka melakukan tadarus.

Tidak itu saja, mereka (warga Binaan anak dan perempuan) yang berasal dari Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat itu juga mengikuti Sholat Isya, Tarawih berjamaah, termasuk mendengarkan ceramah agama yang mendatangkan ustad/penceramah dari luar LPKA. Anak-anak yang tersandung berbagai persolaan hukum itu juga ikut ambil bagian sebagai pembawa acara dalam kegaiatan ceramah agama yang mendatangkan ulama dari luar LKPA itu. Sementara pada sore harinya sekitar pukul 15.30 Wib beberapa warga Binaan anak-anak dengan sebutan Anak Bermasalah Hukum (ABH) menyiapkan menu untuk berbuka Puasa bersama warga Binaan perempuan didampingi petugas LPKA.

Untuk mengaji, puluhan anak-anak ABH itu memulai dipagi hari dari pukul 09.00 Wib hingga pukul 11.00 Wib. Kegiatan mengaji juga dilakukan anak ABH didalam kamar tempat mereka istirahat dan tidur. Selain itu, mereka juga melakukan sholat zuhur berjamaah di Mesjid yang berada di Kawasan LPKA. Sore harinya, mereka mempersiapkan menu berbuka puasa di dapur yang telah dilengkapi dengan alat penanak/pemasak nasi modern.

“ Selama Ramadhan, anak-anak dan warga binaan perempuan kita anjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran baik dipagi hari, siang maupun malam harinya dengan melakukan Tadarus. Untuk berbuka puasa memang mereka sendiri yang menyiapkan namun didampingi oleh petugas LPKA. Untuk menu berbuka puasa disiapkan sejak pukul 15.00 Wib, sementara untuk menu sahur, bagi warga perempuan dibagikan usai Sholat Tarawih, sedangkan bagi anak-anak dibagikan shubuh jelang sahur, hal itu dilakukan bersamaan saat membangungkan mereka untuk sahur.”. sebut Kepala LPKA, Agus Rahmatamin melalui Kasubsi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan, Misno didampingi Kasi Registrasi LPKA, Agusman, Sabtu sore 19 Mei 2018.

Misno juga menambahkan, selama Ramadhan kunjungan ke LPKA dimulai pada pukul 13.00 – 17.00 Wib kunjungan tersebut selama 25 menit, lebih lama 10 menit dibandingkan hari-hari biasanya. Sementara dihari biasanya, jam kunjungan dimulai pukul 09.00 – 13.30 Wib.

Saat ini di LPKA Sumatera Barat di Tanjung Pati dihuni 36 Anak Bermasalah Hukum (ABH) dan 87 orang Warga Binaan Pemasyarakatan Wanita, mereka berasal dari sejumlah Kabupaten Kota di Sumatera Barat, diantarannya Padang, Solok, Pasaman, Bukitinggi, Painan, Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. (Est)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *