Ingin Dapat Diskon Saat Beli Ban, Begini Caranya

oleh

dekadepos.com –  Ban merupakan komponen penting pada kendaraan. Sebagai komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, seiring waktu ban akan menjadi aus sehingga membutuhkan penggantian. Ketika membeli ban, ada baiknya bertindak sedikit lebih teliti. Soalnya, hal ini dapat membantu dalam mendapatkan ban dengan harga yang miring seperti yang tertulis dalam rilis Auto2000, Jumat (29/06/2018).

Caranya dengan memeriksa informasi berupa 4 angka yang tercetak di sisi dinding ban. Keempat angka tersebut menunjukkan waktu dikeluarkannya ban dari pabrik. Sebagai contoh 2214, angka ini berarti menunjukkan bahwa ban baru dikeluarkan dari pabrik pada minggu ke-22 dan tahun 2014.

Potongan harga sendiri bisa didapatkan apabila Anda membeli ban dengan kode tahun yang sudah lewat. Semakin lama tanggal dikeluarkan ban maka semakin besar pula besaran diskonnya. Di mana terdapat batasan penggunaan ideal yaitu 5 tahun sejak tanggal dikeluarkan dari pabrik.

Sebagai contoh ban yang dijual pada akhir tahun 2017, apabila kodenya menunjukkan tahun 2014 maka potongannya 20 persen, 2013 potongannya 40 persen dan 2012 potongannya 60 persen. Sedangkan apabila keluarannya tahun 2011 sebaiknya jangan dibeli karena sudah melebihi dari masa pakai ideal. Hal ini disebabkan karena kondisi karet pada ban yang berusia 5 tahun sudah mengeras dan masuk dalam kategori kadaluarsa. Di mana apabila tetap digunakan memiliki bahaya cukup tinggi.

sumber: otosia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *