Irfendi Arbi: Kita Butuh Walinagari yang Tidak ‘Tidur’

oleh
Bupati LImapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika melantik Muhammad Suardi, walinagari PAW kenagarian Mungo
LIMAPULUH KOTA,Dekadepos.com
Masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota membutuhkan pemimpin yang benar-benar peduli terhadap warganya. Untuk itu, sebagai pemimpin di nagari, Walinagari diminta untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dalam menjalankan kegiatan pemerintahan di masing-masing Nagari.
Hal ini diungkapkan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika melantik, Muhammad Suhardi, walinagari PAW kenagarian Mungo mengantikan Pj walinagari Trisna, di Aula kantor nagari, Kenagarian Mungo, Kecamatan Lareh Sago Halaban, kemaren.
Dikatakannya, sebagai walinagari kita dituntut untuk siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sesuai dengan pedoman dan aturan yang telah berlaku, sebagaimana menjalankan tugas berdasarkan asas kepastian hukum, tertib kepentingan umum, profesional, efesien dan memiliki kabaplitas.
“Libatkan semua elemen masyarakat dan lakukan kordinasi yang baik dengan pemerintahan Kecamatan maupun kabupaten dalam mengelola dana desa. Kenali sosial masyarakat, dan cipatakan inovasi dalam menggali potensi nagari sehingga ekonomi masyarakat bisa tumbuh berkembang,”ujarnya.
Tugas utama walinagari dimana mampu menjalankan roda pemerintahan nagari, semua pihak yang masuk dalam struktural pemerintahan nagari harus jalan, mulai dari walinagari hingga ke perangkatnya. ” Pembangunan dinagari harus dilaksanakan dengan baik, semua orang tidak akan bisa membangun tanpa dorongan dari walinagari dan pihak terkait. Untuk itu, kita semua membutuhkan walinagari yang tidak tidur,”jelasnya.
Irfendi juga mengingatkan agar walinagari tidak ragu dalam mengunakan anggaran nagari asal pengunaan anggaran tersebut sesuai dengan aturan. Dana transfer yang diterima masing-masing nagari rata-rata menerima 1 Milyar, hal ini mesti dikelola dengan baik agar tepat sasaran guna meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
“Agar bisa mengelola dengan baik, maka walinagari harus memahami dan mempelajari aturannya, sehingga paham dan tidak terjadi penyimpangan, gunakanlah dana desa dengan hati-hati,”ajaknya.
Kesempatan itu, bupati juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Muhammad Suardi sebagai walinagari PAW nagari Mungo, semoga amanah yang diberikan masyarakat dapat dengan sebaik-baiknya dalam memajukan kenagarian itu.
“Kepada Pj walinagari yang berapa bulan menjabat di nagari Mungo ini terimakasih atas dedikasi dan pengorbannya yang telah membawa banyak perubahan dinagari itu. Kepada walinagari PAW berinovasilah dalam memajukan nagari kedepan,”pungkas Irfendi.
Sementara itu, Muhammad Suardi selaku walinagari PAW yang baru saja dilantik dalam sambutannya mengatakan sebagai orang lama yang pernah menjabat sebagai sekretaris dinagari itu, akan siap membangun kenagarian Mungo.
“Tentunya dibutuhkan kerjasama semua pihak dalam memajukan Kenagarian Mungo, Mari kita bergotong-royong bersama masyarakat dalam membangun Nagari ini kedepan,”ujarnya. (Edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *