Relawan PMI Dorong Masyarakat Aktif Jadi Pendonor

oleh
Evi R, relawan PMI Kota Payakumbuh (Kiri).

Payakumbuh, Dekadepos.com

Makin tingginya kebutuhan darah di Luhak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluah Kota) mendorong relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Payakumbuh untuk terus berupaya membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Selain gencar dengan berbagai group di Media Sosial untuk mengajak masyarakat mendonorkan darah mereka, relawan PMI Kota Payakumbuh juga aktif mengajak langsung masyarakat untuk menjadi Pendonor agar kebutuhan darah bagi pasien dirumah sakit pemerintah, swasta dan klinik dapat terpenuhi.

Hal tersebut diungkapkan Evi R, relawan PMI Kota Payakumbuh yang juga petugas medis di Puskesmas Ibuah. Menurutnya sebagai Relawan, ia bersama relawan lainnya harus aktif untuk mengajak masyarakat untuk ikut membantu pasien yang tengah membutuhkan darah. Sebab keluarga pasien yang datang ke Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Kota Payakumbuh kerap mengeluhkan susahnya mencari kebutuhan darah bagi keluarga mereka yang tengah menjalani perawatan, baik karena pendarahan setelah melahirkan, akibat kecelakaan ataupun akibat lainnya.

” Iya, kita (relawan) juga harus aktif menghubungi Pendonor yang biasanya aktif mendonorkan darahnya. Selain itu kita juga kerap mengajak masyarakat yang belum pernah jadi Pendonor untuk ikut menjadi Pendonor bagi pasien yang tengah membutuhkan darah.” sebut ibu satu orang anak itu. Senin 24 September 2018 disela-sela menemani salah seorang masyarakat yang tengah melakukan donor.

Evi juga menambahkan, selain bisa membantu pasien yang tengah/sedang membutuhkan darah, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan si Pendonor.

Sementara, Merida Yunida, Petugas UTD RSUD Adnaan Wd Payakumbuh mengatakan bahwa setiap harinya kebutuhan darah masyarakat / pasien yang dirawat di rumah sakit pemerintah, swasta maupun klinik kesehatan mencapai 10 hingga 15 kantong darah perhari. Jika kebutuhan /stok darah tidak tersedia di Rumah Sakit, biasanya kami umumkan di group group media sosial (wa, fb dll) dari sajalah relawan PMI membantu keluarga pasien untuk mencarikan Pendonor.

” Seperti malam ini, Pendonor yang datang adalah Pendonor yang dibawa oleh Relawan PMI Kota Payakumbuh. Dan hal ini tentu sangat membantu keluarga pasien. Ujar wanita yang telah lama mengabdi sebagai petugas medis ini.

Wanita yang pernah bekerja di Dinas Kesehatan itu juga menambahkan, Golongan darah yang cukup sulit untuk didapat adalah golongan AB, untuk itu ia berharap agar PMI dan relawannya bisa terus membantu masyarakat / pasien yang membutuhkan darah untuk mencari Pendonor. (Edw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *