2019, Walikota Payakumbuh Targetkan 300 RTLH Direhab

oleh -35 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Walikota Payakumbuh Riza Falepi menargetkan 300 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada tahun 2019 ini untuk dibedah/direhab menjadi rumah atau hunian yang lebih layak bagi warga penerima Rehab. Hal tersebut diungkapkan orang nomor satu di Kota Payakumbuh itu saat meninjau rumah salah seorang warga Kecamatan Lampasti Tigo Nagari (Latina) yang merupakan penerima bantuan rehab rumah terakhir pada tahun 2018 lalu.

Kepada Amri penerima rehab rumah tersebut Riza berharap agar bantuan rehab senilai 7 juta ruoiah yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat menjadi tempat tinggal/hunian yang layak bagi warganya. Sementara untuk tahun 2019 ini, program yang sama untuk mewujudkan tempat tinggal yang layak bagi warga kurang mampu juga akan terus dilakukan, bahkan untuk jumlahnya direncanakan mencapai 300 RTLH yang tersebar disejumlah Kecamatan di Kota Payakumbuh.

“InsyaAllah tahun 2019 ini kita akan membedah sekitar 300 an rumah tidak layak huni dimana sebanyak 100 rumah dananya bersumber dari APBD. Masing masing akan memperoleh bantuan stimulan sebesar Rp.17,5 juta, dan biasanya total nilai swadaya hingga rumah selesai rata rata menyedot anggaran Rp. 30 juta. Hal inilah yang membuat program bedah rumah kita terbaik nasional,” pungkas Riza Falepi baru-baru ini.

Baca juga : https://www.dekadepos.com/2019/01/10/17-tahun-huni-gubuk-reot-amri-kini-punya-tempat-tinggal-layak/

Sebelumnya juga diberitakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (KemenPUPR RI) menetapkan Kota Payakumbuh sebagai Pemerintah Daerah dengan Kinerja Terbaik Pelaksana Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perumahan Tahun 2018. Payakumbuh menjadi satu-satunya Pemda di Provinsi Sumatera Barat yang memperoleh penghargaan tersebut.

Penghargaan diserahkan pada acara Sosialisasi dan Mekanisme Penyelenggaraan dan Konsultasi Program Penyusunan Rencana Kerja (RK) DAK Infrastruktur PUPR tahun 2019 Wilayah Barat di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu 14 November 2018. Penghargaan diserahkan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga, Lutfiel Anam Ahmad kepada Walikota Payakumbuh, diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan rakyat dan Kawasan Permukiman, Marta Minanda. Turut hadir saat penyerahan, Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kemendagri, M. Hardian M.

Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Payakumbuh sendiri baru didirikan awal tahun 2017. Dalam waktu yang relatif singkat tersebut, cukup banyak kegiatan peningkatan kualitas RTLH yang telah dilaksanakan. “Jika ditarik empat atau lima tahun kebelakang, sudah ribuan RTLH yang kita rehab menjadi rumah layak huni. Adapun dalam dua tahun terakhir sejak dinas ini lahir, tercatat sebanyak 660 unit RTLH berhasil ditingkatkan kualitasnya,” beber Riza. (Edw)

No More Posts Available.

No more pages to load.