Lembaga Unsur Harus Bisa Mencarikan Solusi Persoalan Nagari

oleh

Batusangkar.dekadepos.com

Anggota DPRD Tanah Datar Dedi Admon mengemukan lembaga unsur yang ada di nagari hendaknya dapat mencarikan solusi terhadap persoalan dalam nagari berhubungan dengan infrastruktur, peningkatan ekonomi, agama, sosial adat dan budaya.

Demikian diutarakan Dedi Admon selaku  anggota DPRD mewakili anggota dewan Dapil 2  ketika memberikan arahan dalam musrembang nagari Pasie Laweh di kantor wali setempat, Senin (11/2).

Dari monitoring selama ini, nagari masih memiliki Silpa nagari cukup besar agar silpa tidak terjadi lagi, diharapkan pemerintah nagari dan pemerintah daerah dapat menyikapi dengan bijaksana sehingga tidak lagi terjadi silpa di nagari-nagari.

Karena itu Dedi Admon mengatakan cara nagari mengatasi Silpa yakni, melengkapi persyaratan pengajuan anggaran dan pemda mempasilitasi nagari sekaligus memberikan kemudahan dengan adanya kemudahan itu,maka nagari akan dinamis bergerak  dalam membangun nagari ke depan. ” Kita juga harus mengacu kepada aturan yang berlaku “,tekan Dedi.

Soal dana Pokir( Pokok pikiran) perlu ada kordinasi Pemerintah nagari dengan DPRD sehingga usulan  masyarakat bisa tercatat dalam rencana kerja nagari dan dapat dilaksanakan dengan baik.Dedi menolak memberi keterangan jumlah dana pokir yang dibagikannya.

Keterangan terpisah aggota DPRD Tanah Datar Yalpema Jurin mengingatkan pemerintahan nagari dalam merencanakan program pembangunan nagari hendaknya berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan kemauan pemerintahan nagari.

Dikatakannya,rencana program pembangunan harus berdasarkan kebutuhan masyarakat dan DPRD akan memperjuangkannya sepanjang masuk dalam Musrenbang nagari.

Seterusnya,Wali Nagari Mukhtar Kiman menjelaskan beberapa rencana program pembangunan nagari berupa pembangunan draenase dan rabat beton, pembukaan dan pengaspalan jalan nagari, peningkatan sumberdaya masyarakat nagari.

Kata Mukhtar Kiman, pemerintahan nagari sudah mengakomodir dan mendata kebutuhan masyarakat untuk pembangunan prioritas yang ingin dicapai dan dilaksanakan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Staf Ahli Bupati Tanah Datar,  Zulkifi SR mengharapkan Musrenbang Nagari dapat mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan sehingga program pembangunan memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Dijelaskannya,Pemerintahan nagari hendaknya dapat merangkul seluruh unsur masyarakat  dalam merumuskan segala kebutuhan sehingga masyarakat bisa berperan aktif dalam pembangunan,sebut Zulkifli.

Aktivitas musrenbang cukup meriah dihadiri,Anggota DPRD Tanah Datar Syahrial,Dekminil,Nurhamdi Zahari,Hardi Siswan Dt Mara Bangso,pimpinan OPD, Camat Sungai Tarab Riswandi,para wali nagari, tokoh masyarakat, undangan lain dan berjalan lancara. (Hatiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *