Belajar SAKIP, Dua Daerah Kunjungi Pemko Payakumbuh

oleh

PAYAKUMBUH, dekadepos.com

Keberhasilan Kota Payakumbuh meraih prediket Sangat Baik (BB) pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menarik minat banyak daerah untuk berkonsultasi. Tak tanggung-tanggung, Kamis (14/2) dua daerah secara bersamaan melakukan studi banding ke Kota Payakumbuh.

Adalah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau dan daerah tetangga, Kabupaten Sijunjung, datang secara bersamaan ke Payakumbuh. Mereka diterima Walikota Payakumbuh diwakili oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, Yon Refli.

Rombongan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dipimpin oleh Sekretaris Bappeda, Harisman. Sementara Rombongan dari Kabupaten Sijunjung dikomandoi langsung Asisten III Setdakab, Adlis.

“Kami kabupaten baru di Riau, hasil pemekaran Kabupaten Kampar. Kemarin prediket SAKIP kami baru CC. Tentu kami harus konsultasi kedaerah yang lebih baik sehingga untuk tahun-tahun selanjutnya nilai SAKIP kami bisa naik, kalau bisa BB seperti kota Payakumbuh ini,” ungkap Sekretaris Bappeda Kabupaten Rokan Hulu, Harisman.

Ditambahkan, dengan berprediket CC pada penilaian SAKIP tahun 2018, pihaknya tidaklah terlalu muluk-muluk menetapkan capaian untuk tahun 2019. “Target kami tahun 2019 ink tidaklah muluk-muluk, cukup dapat nilai B saja,” tambah Harisman.

Senada, Kabupaten Sijunjung pada penilaian SAKIP tahun 2018 yang diserahkan beberapa waktu lalu juga meraih nilai CC. “Melihat nilai SAKIP Kota Payakumbuh yang lebih baik, maka wajib bagi kami untuk konsultasi dan belajar agar kedepan dapat nilai lebih baik,” ungkap Kabag Organisasi Kabupaten Sijunjung, Welfiadri.

Sementara Yon Refli dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keberhasilan Payakumbuh meraih prediket SAKIP BB merupakan hasil kerja keras semua instansi dan perangkat daerah. Hal itu juga tak terlepas dari dukungan dan sokongan dari pimpinan daerah yang serius dalam pengelolaan sistim ini.

“Alhamdulillah berkat bimbingan dan arahan pimpinan daerah untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik. Secara otomatis kinerja instansi kita juga meningkat dan tercermin dalam penilaian SAKIP oleh KemenpanRB kemarin,” ujar Yon Refli.

Ditambahkan, komitmen pimpinan daerah menjadi kunci keberhasilan memperbaiki kinerja perangkat daerah. Dikatakan, Kota Payakumbuh beruntung memiliki Walikota Riza Falepi dan Wakil Walikota, Erwin Yunaz yang sangat konsen menata pemerintahan daerah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh KemenpanRB.

“Alhamdulillah pimpinan kami sangat komit dengan standar kinerja yang diminta kementerian. Hal ini secara periodik dievaluasi, sehingga kita bisa lebih terarah. Tahun depan kita sudah canangkan memperoleh prediket SAKIP A, mari bersama-sama kita saling menguatkan,” pungkas Yon Refli. (Edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *