Payakumbuh Daerah Pertama di Sumbar Serahkan LKPD ke BPK RI

oleh

PAYAKUMBUH,Dekadepos.com

Pemerintah Kota Payakumbuh menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018, penyerahan dilakukan oleh Walikota Riza Falepi yang diterima Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Pemut Aryo Wibowo, di Gedung BPK RI, Padang, Jumat (1/3/2019).

Turut mendampingi Walikota, Sekretaris Daerah Rida Ananda, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Syafwal, serta Kepala Inspektorat Syahrial dan perwakilan Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

Sementara, Kepala BPK RI Pemut Aryo Wibowo didampingi, Kepala Subauditorat Sumatera Barat II, Hari Fitrianto, Kepala Subauditorat Sumatera Barat I, Indria Syzinia dan tim pemeriksa lainnya.

Prosesi penyerahan yang diawali dengan penandatanganan berita acara oleh Walikota Payakumbuh dan Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Barat yang dilanjutkan dengan penyerah LKPD Pemko ini mendapat apresiasi dari BPK RI.

“Luar Biasa, kita berikan kepada Walikota Riza Falepi dan jajaran. karena Kota Payakumbuh daerah yang pertama menyerahkan LKPD TA 2018, dari 19 kota/kabupaten di Provinsi Sumatera Barat,” ujar kepala BPK RI Sumbar Pemut Aryo Wibowo

Dijelaskan Pemut Aryo, penyerahan LKPD Pemerintah Daerah ini merupakan amanat UU No. 17 Tahun 2013, yang mengintruksikan harus diserahkan oleh Pemda selambat-lambatnya 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

LKPD itu sendiri menurut Pemut Aryo Wibowo sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan Opini tentang Kewajaran Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Dengan mengakaji 4 aspek yaitu Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, Efektifitas pengendalian Intern, Penerapan Standard Akuntansi Pemerintah dan Kelengkapan sesuai Administrasi.

Nantinya Tim BPK RI akan bekerja untuk melakukan pemeriksaan LKPD tersebut, untuk melihat apakah ada penyimpangan yang berpotensi menimbulkan kerugian negara atau tidak sebagai pertimbangan bagi BPK RI dalam pemberian Opini yang merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran laporan keuangan Pemerintah Daerah.

Pemut Aryo menekankan, apabila pihaknya menemukan penyimpangan ia meminta Pemda segera menindaklanjuti agar temuan ini tidak menjadi pertimbangan negatif dalam pengambilan keputusan Opini.

Hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Sumbar atas LKPD TA 2018 itu dikatakan Permut Aryo Wibowo akan diserahkan oleh pihaknya paling lambat di awal April 2019 mendatang.

Sementara itu, walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan terobosan-terobosan dalam penggunaan APBD agar Payakumbuh mampu sejahtera duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan Kota lainnya di Indonesia.

Setelah kegiatan penyerahan LKPD Pemko. Payakumbuh TA 2018 berlangsung, kegiatan ditutup dengan acara silahturahmi dan ramah tamah antara Dinas terkait Pemko. Payakumbuh dengan pihak BPK RI.(edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *