Hati-hati, Sembelih Sapi Betina Produksi di Payakumbuh Bisa Dipidana

oleh

pasar ternak. Sedangkan pertahun sapi betina produktif yang dipotong secara sengaja sekitar 25-30 ribu ekor.

“Jadi setiap tahun Sumbar kehilangan 50-60 ribu ekor sapi. Karena sapi betina produktif setiap tahun bisa melahir. Jika dipotong induknya, akan yang akan lahir di tahun itu juga akan hilang,” katanya.

Menanggulangi hal ini, Pemprov Sumbar sudah bekerja sama dengan Polda Sumbar untuk menempatkan anggota kepolisian di 13 RPH yang tersebar di Sumbar. Termasuk pasar ternak dan peternakan swasta. Disana dilakukan pengawasan kepada setiap sapi yang akan dipotong. Termasuk saat hari raya korban. Dengan hal ini, diharapkan bisa menurunkan angka penyembelihan sapi betina produktif.

“Sudah ada kerjasama antara Pemprov dengan Polda Sumbar untuk menempatkan anggota kepolisian untuk mengawasi RPH. Termasuk di beberapa peternakan swasta dan pasar ternak,” katanya lagi.

Ia juga mengatakan jika tidak ditanggulangi dari sekarang, Sumbar akan menjadi daerah tujuan impor daging dan hal ini akan membuat harga daging bisa melambung tinggi.

“Jika sudah langka dan daerah tidak bisa lagi menghasilkan daging, alternatifnya adalah import untuk sementara waktu. Jika hal ini terjadi siap-siap harga daging melambung tinggi,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Depi Sastra mengatakan dalam target tahun 2019 dinas pertanian Kota Payakumbuh harus menghasilkan populasi sapi sebanyak 7 ribu ekor.

“Target kami 7 ribu ekor tahun ini. bagaimana bisa sapi betina produktif bisa melahirkan 7 ribu anak sapi. Karena itulah saat ini kami sedang membuat kandang sapi yang cukup luas di beberapa titik di Kota Payakumbuh,” Ucap Depi.

Langkah ini dilakukan untuk menjamin kebutuhan daging di Sumbar. Pasalnya, kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota sudah dijadikan sentral peternakan sapi oleh Pemprov Sumbar. Karena itulah diberikan target untuk bisa meningkatkan populasi sapi. (edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *