2.115 Surat Suara Ditemukan Rusak di Kabupaten Solok

oleh

SOLOK,Dekadepos.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok, menemukan 2.115 lembar surat suara pemilihan umum serentak 17 April 2019 yang rusak.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Solok, Ir. Gadis, kerusakan surat suara tersebut ditemui saat petugas lipat surat suara beragam. Kerusakan itu bisa berupa kertas suara yang bolong, sobek, hasil cetakan yang tidak sempurna dan tinta yang melebar atau kotor, dan juga robek,.

“Untuk kekurangan tersebut, kita sudah mengajukan surat permohonan tambahan untuk penggantian yang rusak ke KPU RI Rabu (21/3/2019).

Namun pihaknya menjelaskan bahwa surat suara pengganti itu dijamin akan sampai di kantor KPU minimal seminggu menjelang hari pencoblosan.

Surat suara yang dalam keadaan rusak sudah didata yakni sebanyak 2.115 dan KPU Kabupaten Solok sembari menunggu instruksi dari KPU Provinsi.

KPU setempat menerima 1.437.706 lembar surat suara, dimana terdiri dari lima jenis, surat suara pemilihan yakni untuk suara presiden (Pilpres), DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan juga untuk DPRD Kabupaten Solok.

Rincian surat suara untuk KPU Kabupaten Solok, masing-masing surat suara untuk Pilpres, DPR-RI, DPD-RI dan DPRD Provinsi sebanyak 287.541, sementara untuk jenis surat suara DPRD Kabupaten Solok sebanyak 287.542 lembar.

Namun surat suara yang ditemukan surat suara rusak untuk Pilpres sebanyak 912 lembar, DPR-RI sebanyak 758 lembar, DPD-RI sebanyak 244 lembar, DPRD Provinsi sebanyak 21 lembar dan DPRD Kabupaten sebanyak 180 lembar. Sehingga total kekurangan surat suara sebanyak 11.756, termasuk surat suara yang rusak dan kekurangan sebelumnya, dan sudah diajukan melalui KPU Provinsi (jarbat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *