Diprediksi, Hanya 50 Persen Petahana yang Duduk Kembali di DPRD Kota Bukittiggi

oleh

Bukittinggi.Dekadepos.com

Dari 21 Petahana anggota DPRD Kota Bukittinggi yang bertarung pada Pemilu serentak tahun 2019 Rabu (17/4), diprediksi hanya separoh atau 50 porsen yang lolos sebagai anggota DPRD Kota Bukittinggi periode 2019-2024.

Seperti sama-sama diketahui, DPRD Kota Bukittinggi memiliki 25 orang anggota. Artinya, pada Pemilu serentak yang berlangsung hari ,Rabu (17/4), sebanyak 81.447 warga kota Bukittinggi yang tercatat sebagai pemilih, akan memilih 25 orang wakilnya untuk duduk di DPRD Bukittinggi dari 307 Calon Anggota Legislatif (caleg) dari 15 Partai Peserta Pemilu di Kota Bukittinggi.

Dari 307 orang Caleg itu, 21 orang diantaranya merupakan Petahana. Bagaimana peluang Petahana? Dekadepos yang sempat berdialog dengan Aldi , salah seorang warga Kota Bukittinggi yang selalu inten melakukan survey secara langsung ke lapangan atau ke tengah tengah masyarakat, menyebutkan peluang Petahana hanya berkisar 50 porsen  atau sekitar 12 sampai 13 orang yang duduk kembali di kursi DPRD Kota Bukittinggi.

Kriteria 50 porsen itu didapat, menuruit Aldi setelah melakukan survey ke tengah-tengah masyarakat tentang prilaku, perhatian atau hubungan emosional dengan masyarakat, tanggungjawabnya kepada daerah pemilihannya, serta ditambah dengan aturan Pemilu yang sangat menguntungkan kepada  Partai partai Besar.

Maka kami berkeyakinan 12 atau 13 orang Petahana akan duduk kembali. Dengan perincian, 6 atau 7 orang untuk Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dari 11 Kursi yang diperebutkan. 4 orang di Kecamatan Guguak Panjang dari 9 kursi yang diperebutkan dan 2 atau 3 orang di Kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh dari 5 Kursi yang diperebutkan, ujar Aldi.

Sementara dengan kriteria survey yang sama dengan Aldi dan ditambah  azaz mamfaat Pokir anggota DPRD yang dirasakan masyarakat. Dekadepos hanya memprediksi 9 atau 10 orang Petahana DPRD yang akan duduk kembali pada Pemilu yang dilaksanakan hari Rabu (17/4).

Para petahana yang diprediksi duduk itu,5 orang didapil Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. 2 atau 3 orang di Dapil Kecamatan Guguak Panjang dan 2 orang di Dapil Kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh.

Trending: Limapuluh Kota Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Hektar Sawah Rusak Parah

Dengan dua prediksi itu,berarti akan ada sekitar 12 sampai 15 orang anggota baru DPRD Kota Bukittinggi Periode 2019-2024 mendatang.(Edis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *