Diskominfo Gelar Pemilihan Media Tradisonal Tingkat Kota Bukittinggi

oleh

Bukittinggi,Dekadepos.com.

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika selalu berupaya untuk melestarikan nilai-nilai tradisi dan kebudayaan di tengah per kembangan dunia teknologi yang begitu pesat . Salah satunya dengan melaksana kan kegiatan pemilihan media tradisional terbaik tingkat Kota Bukittinggi tahun 2019 ini.Sosialisasi Media Tradisional yang dibuka Aisten I Setdako Bukittinggi, Noverdi,berlangsung di Aula utama kantor balaikota,Selasa (16/4).

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Watti Dewita dalam laporannya mengatakan Media tradisional merupakan media alternatif untuk menyam paikan pesan pemerintah kepada masyarakat. Media tradisional diyakini mampu menjembatani informasi pemerintah kepada masyarakat akar rumput. Sebab, di rasa akan lebih ‘renyah’ dibandingkan informasi melalui media formal.

Berbeda dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, pembinaan Kelompok Media Tradisional dilakukan dari segi penampilan dan kebudayaannya, Dinas Komunikasi dan Informatika lebih menitikberatkan kepada pesan dan cara penyampaian pesan kepada para penonton atau masyarakat.

“Kami menginginkan kelompok media tradisional mampu menyuguhkan sebuah pertunjukan seni dra ma,musik dan tari yang menyatu sehingga masyarakat menyaksikan sebagai alur cerita yang utuh dan menarik serta memahami secara baik pesan yang disampai kan .”kata Watti Dewita.

Dikatakan,sosialiasi yang dilaksanakan bertujuan sebagai bentuk Pembinaan terhadap Kelompok Media Tradisional di Kota Bukittinggi, memberikan pema haman kepada peserta sosialisasi tentang pengertian dan maksud kegiatan Pembi   naan Media Tradisioal oleh Dinas Komunikasi dan Informatika serta mensosialisasi kan petunjuk pelaksanaan sebagai panduan teknis dalam pelaksanaan Pemilihan Media Tradisonal Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2019 yang akan dilaksanakan. Sosialisasi hanya berlangsung satu hari, yaitu pada Selasa 16 April 2019.kata Watti.

Nara Sumber yang dihadirkan dalam Sosialisasi  ini,Ny. Yessi Endriani Ram lan Nurmatias selaku Koordinator Forum Metra Kota Bukittinggi, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Suma tera Barat, Rizal Tanjung selaku Budayawan Sumbar dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bukittinggi. sementara peserta  terdiri dari sanggar Binaan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Sanggar Binaan TP-PKK Kelurahan dan Kelompok Ekstrakurikuler Sekolah Menengah di Kota Bukittinggi.

Asisten Pemerintahan Sekdako Bukittinggi Noverdi dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini terkait dengan media tradisional. Kita menyadari saat  ini informasi sangat berkembang.Informasi dari internet sangat mudah diakses.Kema juan teknologi di satu sisi memberi arti dan dampak positif, namun disisi lain mem beri dampak negative. Karena itu Noverdi mengajak masyarakat agar dapat memi  lah dan memilih mana informasi positif yang bermanfaat bagi kita.

Kemajuan teknologi itu perlu disikapi bagaimana media tradisonal yang su dah ada tidak tertinggal dari kemajuan zaman. Jadi ini bagaimana kita mengemas ide ide dan informasi melalui media tradisional. Saat ini masyarakat menggemari informasi yang cepat dan tepat. Disinilah dibutuhkan kreatifitas kita untuk bisa menampilkan pesan di dalam media tradisional yang disukai oleh masyarakat zaman sekarang atau millenial. Dengan kemajuan informasi dan teknologi sehing ga kita mengemas bagaimana media tradisional kita dapat memberikan arti. Kema juan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media tradisional kita.ujar Noverdi. (Edis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *