3 Jorong Terdampak Banjir Bandang di Situjuah Gadang

oleh

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Banjir bandang yang menerjang Kenagarian Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limonagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa sore (16/4) pukul 14.40 Wib, meski dilaporkan tidak ada korban jiwa, namun tiga jorong yang ada di wilayah Kenagarian Situjuah Gadang, terdampak akibat banjir bandang tersebut.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan bersama Kalaksa BPBD Limapuluh Kota Joni Amir yang turun langsung ke daerah yang terkena banjir bandang tersebut menyebutkan bahwa, ada 3 titik longsor yang bersumber dari puncak Gunung Sago. Namun yang terdampak dialami tiga Jorong yakni, Jorong Padang Kuniang Sikabu, Jorong Kociak, dan Jorong Sungai Janiah.

Menurut Wabup Ferizal Ridwan dan Kalaksa BPBD Limapuluh Kota Joni Amir, banjir bandang yang terjadi di kecamatan Situjuah Limonagari tersebut, akibat tingginya intensitas curah hujan sejak pukul 12.00 Wib di seputaran Kabupaten Limapuluh Kota.

“Untung tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir bandang tersebut, namun 1 unit rumah warga Jorong Padang Kuniang, bernama Daniwar (68 tahun) dan 1 unit rumah warga bernama Las (65 tahun) di Jorong Batu Laweh Durian Teleng, terendam dan tertimbun material longsor lumpur setinggi 1-2  meter,” ujarJoni Amir.

Diungkapkan Joni Amir, kerugian yang dialami warga akibat banjir bandang tersebut, selain ada rumah warga yang rusak, puluhan hektar aeal pertanian seperti sawah dan ladang, mengalami rusak akibat tertimbun material longsor.

Untuk menanggulangi  bencana banjir bandang tersebut, ulas Joni Amir, tim penanggulangan bencana terdiri dari BPBD, Pos SAR Limapuluh Kota, jajaran Kodim 0306/50 Kota, jajaran Polres Kota Payakumbuh)OPD terkait, telah turun melakukan bantuan tanggap darurat.

“ Tanggap darurat yang dilakukan selain dilakukan evakuasi dan pembersihan, juga pendirian tenda pengungsi melibatkan personil TRC PB  lintas sektoral terdiri dari BPBD,Pos SAR Limapuluh Kota, jajaran Kodim 0306/50 Kota, jajaran Polres Kota Payakumbuh dan OPD terkait. Kegiatan tanggap darirat tersebut dipantau langsung Wakil Bupati Ferizal Ridwa dan Sekretaris Daerah Asisten Pemerintahan,” sebut Joni Amir.

Joni Amir menyatakan, saat ini curah hujan masih terjadi di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor, utamanya masyarakat yang tinggal seputaran sungai untuk tetap waspada dan siaga. (edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *