Ramlan Nurmatias Serahkan Zakat Kepada 339 Mustahiq

oleh

Bukittinggi,Dekadepos.com.

Sebanyak 339 Mustahiq Zakat dari Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) menerima zakat dari Baznas Bukittinggi. Zakat yang diserahkan secara Simbolis oleh Walikota H. Ramlan Nurmatias dan dihadiri Pengurus Baznas, Asisten II Setdako Bukittinggi, H.Ismail Johar, Camat MKS, Emil Achir dan Lurah se Kecamatan MKS itu dilaksanakan di Masjid Jami’ak Surau Gadang, Mandingin, Kamis (16/5) kemaren.

Ketua Baznas Bukittinggi Prof. A. Rahman Ritonga mengatakan, penyaluran zakat ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Pengurus Baznas telah berusaha setiap hari, mengajak warga yang ekonominya cukup baik, untuk berzakat melalui Baznas. Secara perlahan, kesadaran dan keinginan warga untuk menyalurkan za kat ke Baznas semakin tinggi, terutama dari PNS di lingkungan pemko Bukittinggi.

Karena itu kita perlu bersyukur dan berterima kasih serta mendoakan agar para muzakki rezekinya semakin lancar dan diberkahi Allah SWT.

Dari 339 mustahiq yang menerima Zaklat Baznas, 50 orang dari kelurahan Puhun Pintuk Kabun, 28 orang dari Kelurahan Puhun Tembok , 61 orang dari Kelu rahan Campago Ipuah , 32 orang dari Kelurahan Kubu Gulai Bancah, 51 orang dari Kelurahan Campago Guguak Bulek, 37 orang dari Kelurahan Manggis Gantiang , 24 orang dari KelurahanGaregeh , 39 orang dari Kelurahan Pulai Anak Aia dan 17 orang dari Kelurahan Koto Selayan ,ujar Rahman Ritonga menambahkan masing masinya menerima Rp.400.000,-.

Kemudian,ketua Baznas, A. Rahman Ritonga juga mengingatkan kepada para mustahiq, untuk tidak lupa membayar zakat fitrah. Meskipun mustahiq men dapat zakat hari ini, kita ingatkan untuk tidak lupa membayar zakat fitrah sebelum Idul Fitri nanti, sebagai salah satu kewajiban seorang muslim.ujar Rahman Ritonga
Azhari dari kantor Kementerian Agama Bukittinggi,pada kesempatan itu menyampaikan , zakat dikumpulkan dan diserahkan oleh Baznas ini, diharapkan dapat digunakan para mustahiq untuk hal yang positif dan sesuai kebutuhan prio ritas. Kalau bisa dipakai untuk kebutuhan produktif sehingga membantu pengem bangan diri dan kedepan para mustahiq dapat menjadi muzakki dan memberikan zakatnya pula kepada yang lebih berhak,ujarnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi,H. Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kinerja dari pengurus Baznas Bukittinggi dalam pengumpulan zakat. Dana ini dido minasi dari zakat pegawai negeri Bukittinggi dan diharapkan dapat digunakan un tuk memenuhi kebutuhan pokok.

“Kami berharap doakan juga para muzakki dan para amil zakat. Khususnya para ASN, karena 3.000 lebih ASN di Bukittinggi mengeluarkan zakat melalui Baz nas. Zakat yang diterima ini manfaatkanlah untuk memenuhi kebutuhan, jangan sesuai keinginan. Sehingga apa yang benar-benar dibutuhkan itu, dapat dipenuhi, ” ujar Walikota Ramlan Nurmatias.

Pada kesempatan itu,Walikota Ramlan Nurmatias juga mengimbau warga secara keseluruhan, untuk tidak terlalu konsumtif. Hal ini dapat memicu inflasi dan ini tidak baik untuk ekonomi masyarakat. Dan Pemko pun akan mengantisipasi hal itu dengan penyelenggaraan Bazar dan operasi pasar, serta memberikan bantuan untuk warga yang membutuhkan, tambahnya.(Edis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *