Pasar Padang Kaduduak Nasibmu Kini

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Setahun lalu atau tepatnya Selasa 8 Mei 2019 Walikota Payakumbuh, Riza Falepi meresmikan Pemakaian Pasar Padang Kaduduak secara Resmi, saat itu pedagang yang berasal dari berbagai tempat di Payakumbuh memenuhi lokasi los maupun petak toko yang disediakan, sesaat Pasar yang dibangun dengan dana Milyaran rupiah itu sangat ramai, baik pagi siang maupun malam, bahkan di Pasar yang tidak jauh dari Kantor Camat Payakumbuh Utara itu sempat diramaikan dengan Pasar Malam yang menawarkan berbagai permainan dan hiburan.

Namun sayang, seiring waktu berjalan Pasar yang ramai sesaat itu hanya bertahan beberapa waktu saja, bahkan upaya Pemko Payakumbuh mengalihkan Rute Angkutan Pedesaan dari Arah Mudiak dan melewati Pasar Padang Kaduduak tak juga “Manjur”, Pasar yang peletakkan pertamanya dilakukan oleh Anggota Komisi VI DPR RI, Refrizal itu dibangun dangan dana APBN itu masih sepi hingga saat dipantau pada awal minggu lalu.

 

Sepinya Pasar Padang Kaduduak, baik dari pedagang yang menghuni Toko, Los maupun pembeli diakui salah seorang Pedagang bernama Syamsawir, menurut pria yang menjual kebutuhan harian tersebut sepinya Pasar Padang Kaduduak makin terasa sejak beberpa bulan terakhir.

“ Kondisi Pasar sepi seperti ini telah berlangsung sejak beberapa bulan lalu, kalau untuk jual beli lumayanlah.”. sebutnya.

Selain Syamsawir yang masih setia membuka Tokonya, hanya terlihat 5 pedagang lainnya yang juga membuka toko, sementara di beberapa Los yang menjual sayur, daging hanya satu orang pedagang yang masih bertahan menunggu pembeli. Wanita yang menjual cabe dan bawang tersebut beralasan masih berjualan dilokasi itu karena ia telah memiliki sejumlah langganan.

“ Iya, saat pembukaan dulu memang ramai yang berjualan, namun setelah lebaran Haji menjadi sepi, untuk di Los hanya saya saja yang masih berjualan.” Ujar Wati yang mengaku tinggal di Ranah Kubu Gadang itu.

Wanita berjilbab itu juga mengatakan bahwa ia setiap harinya ia berjualan hingga pukul 5 sore. Karena alasan telah  memiliki langganan itulah ia tetap bertahan di  lokasi pasar tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mengeluarkan Surat Edaran kepada Pedagang Pasar Rakyat Pusat Payakumbuh II Padang Kaduduak (Pasar Padang Kaduduak.red) untuk segera menempati Toko atau Los yang telah diperuntukkan itu, namun Surat tersebut tak jua banyak membantu.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Perindag Kota Payakumbuh, Herlina saat dihubungi Jumat pagi 17 Mei 2019 terkait Kondisi Pasar Padang Kaduduak mengakui memang Pasar tersebut sepi, namun demikian Pemko Payakumbuh tetap berupaya untuk menghidupkan Potensi Pasar Padang Kaduduak tersebut, salah satunya dengan menjadikan Pasar Itu menjadi Pasar Wisata.

“ Kini kita akan jadikan Pasar tersebut jadi Pasar Wisata, namun hal tersebut baru dikonsep dan akan dibicarakan dengan sejumlah pihak.” Ujarnya.

Herlina juga menambahkan, untuk mendukung konsep tersebut sebelumnya juga telah berdiri Sentra Rendang, akan dibangun gedung olahraga juga akan ada tempat selfi-selfie (foto-foto) namun hal tersebut masih sebatas konsep belum duduk. (Edw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *