, ,

Arus Balik Menuju Riau Sempat Macetkan Payakumbuh-50 Kota

oleh

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Arus Balik Kendaraan Bermotor (Ranmor) Roda dua dan Roda empat pada Lebaran Idul Fitri tahun 2019 ini mulai terpantau sejak pagi Sabtu 8 Juni 2019 disejumlah titik jalan di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Bahkan disejumlah titik sempat terjadi kemacetan panjang, namun kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Dari pantauan di lapangan, kondisi macet dari arah Payakumbuh menuju Tanjung Pati terjadi sejak pagi, ratusan kendaraan yang didominasi dari Propinsi Riau (Nomor Polisi BM) terlihat terjebak macet sejak di Kawasan Nan Kodok hingga Kawasan Tanjung Pati.

Beberapa penyebab kemacetan diantarannya persimpangan jalan di Tanjuang Anau serta di simpang Warna Warni atau Batas Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Sementara disimpang empat Tanjung Pati yang tahun-tahun sebelumnya tejadinya macet cukup lama, namun tidak lagi terjadi, sebab selain menyiagakan petugas, Satlantas Polres Limapuluh Kota juga memasang pembatas jalan sehingga pengendara tidak bisa memutar arah sembarangan.

Selain itu, di Simpang Harau Satlantas Polres Limapuluh Kota juga memasang pembatas jalan sehingga untuk mengatur arus. Kapolres Limapuluh Kota, AKBP. Haris Hadis melalui Kanit Turjawali Satlantas Polres Limapuluh Kota, Ipda. Apriman Sural mengatakan bahwa arus balik menuju Riau terjadi sejak Sabtu Pagi, namun kondisi arus lalulintas masih lancar, meski sempat terjadi kemacetan dibeberapa titik. Hal tersebut disebabkan karena adanya persimpangan jalan yang menjadi pintu keluar masuk kendaraan, SPBU serta Pasar Tumpah di Sarilamak.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Limapuluh Kota, Ipda. Apriman Sural.

“ Iya, untuk arus balik Mudik pada hari ini (Sabtu.red) sudah mulai nampak dari arah Payakumbuh menuju Pekanbaru, sejak pukul delapan pagi tadi tidak terputus arus yang didominasi kendaraan roda dua dan empat dari Riau, namun arus tetap lancar karena kita lakukan rekayasa lalulintas.” Sebut Kapolres melalui Kanit Turjawali Satlantas Polres Limapuluh Kota, Ipda. Apriman Sural, Sabtu siang 8 Juni 2019.

Aprimal Sural juga menambahkan, untuk arus lalulintas tetap diberlakukan satu arah/satu jalur, dan dititik-titik kemacaten tetap diantisipasi. Sementara untuk kendaraan yang datang dari arah Riau yang henadak masuk ke Sumatera Barat diarahkan ke Jalur Alternatif, yakni melewati Boncah-Batu Balang-Taram-Payobasung, sehingga kendaraan tersebut tidak melewati titik-titik yang rawan macet seperti di Simpang Politani, Simpang Tanjung Pati. (Edw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *