Ciptakan Pasar Payakumbuh yang Bersih dan Asri, Babinsa Koramil 01 Kodim 0306/50 Kota Bersama Dinas Pasar dan Polsekta Turun Melakukan Penertiban

oleh

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Dalam rangka pembinaan kewilayahan sekaligus sebagai bhakti nyata penguatan paradigma kemanunggalan TNI dengan rakyat, Babinsa Koramil 01, Kodim 0306/50 Kota bersama dengan Dinas Pasar Pemko Payakumbuh serta komponen lainnya, turun  menertibkan pasar kebanggan Kota Payakumbuh, Jum’at (14/6)

Kegiatan patroli gabungan Dinas Pasar, Koramil 01/Payakumbuh, Polsekta Kota dan petugas trantib pasar dengan kekuatan 25 orang itu, menyisir kawasan pasar dan melaksanakan penertiban terhadap pedagang pasar di Blok Barat dan Blok Timur.

Kepala Dinas Pasar Kota Payakumbuh, Herlina, dalam operasi penertiban tersebut kepada tim gabungan menekankan agar pelaksanaan penertiban dilakukan secara persuasif dan pendekatan kekeluargaan yang diutamakan. Agar bisa menghindari hasutan-hasutan dari pihak lain yang bisa merusak hubungan antar Dinas Pasar dalam hal trantib di lapangan dengan para pedagang pasar.

“Apalagi selama ini Pasar Ibuh merupakan pasar yang berstandar SNI, satu satunya di Sumatera dan Pasar Ibuh juga merupakan pasar tradisionil terbaik tingkat Sumbar dari tahun 2016 -2018. Tentunya, ketertiban, keindahan dan keasriannya harus kita pertahankan dan tingkatkan nantinya,” ungkap Herlina.

Sementara itu Danramil 01 Kota Payakumbuh Kapten CZI Joni Forta pada kesempatan itu menyebutkan bahwa, pelaksanaan kegiatan patroli gabungan penertiban pasar ini hendaknya dilakukan secara rutin dan kontiniu.

“Minimal dilaksanakan sebulan satu kali untuk meminimalisir para pedagang pasar yang nakal,” ujarnya.

Ditegaskan Kapten CZI Joni Forta, nantinya setelah Pasar Ibuh baik Blok Atas dan Blok Bawah sudah tertib dan nyaman bagi masyarakat, maka kedepannya kita berusaha mencari solusi bagaimana pasar Padang Kaduduak yang sudah dibangun Walikota Payakumbuh Riza Falepi, bisa juga dapat maju dan berkembang seperti pasar Ibuh demi untuk menciptakan ekonomi masyarakat yang madani.

“Kapolsek Kota Payakumbuh AKP Julianson juga sangat mendukung kegiatan penertiban pasar tersebut dan siap akan menurunkan anggotanya setiap saat untuk pelaksanaan kegiatan penertiban,” ujar Kapolsek melalui Iptu H. Tambunan yang hadir pada kegiatan tersebut.

Trantib Pasar Payakumbuh dibawa kendali Kasi Trantib, Afrizal, dan Babinsa  Kota Payakumbuh dibawah pimpinan Pelda Johan serta unsur kepolisian dan Prov Batalyon 131/BS, kegiatan penertiban pasar dilaksanakan dengan mengutamakan sistim pendekatan persuasif sesuai dengan arahan pimpinan atas.

Salah seorang tokoh pedagang pasar, Ipul, sangat merespon kegiatan tersebut, karena melalui patroli penertiban ini kenyamanan dan kelancaran Pasar Payakumbuh sudah mulai terlihat dan nyata, apalagi dilakukan oleh unsur Babinsa Koramil 01 Kota Payakumbuh yang banyak berperan dengan memberi pendekatan persuasifnya yang juga membeckup trantib pasar.

“Pasar Ibuh, pasar kita bersama tentunya harus tetap menjaga K-3 nya. Apa lagi dari Pemko Payakumbuh setiap tahun selalu memberikan bantuan dan anggaran untuk kemajuan Pasar Ibuh ini, “ujar Arnel Selaku Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi UKM Kota Payakumbuh menimpali. (edw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *