MTQ Sumbar ke 38 di Kota Solok Usai, Tanah Datar Raih Juara Umum

oleh

Solok, dekadepos.com

Kafilah Kabupaten Tanah Datar berhasil meraih juara umum pada puncak pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Sumatera Barat ke-38 di Kota Solok yang resmi ditutup sekitar pukul 14.00 wib Juma’t siang (21/6).

Posisi kedua ditempati oleh Kota Padang yang juga merupakan juara umum pada edisi MTQ sebelumnya, disusul oleh Kota Pariaman yang berhasil bertengger di posisi ketiga, Kabupaten Padang Pariaman di posisi ke 4 dan Kota Solok yang juga merupakan tuan rumah berhasil merangsek ke posisi 5.

“Kabupaten Tanah Datar meraih juara umum dengan capaian poin tertinggi, yakni 77 poin, Kota Padang 65 poin, Kota Pariaman 60 poin, Kabupaten Padang Pariaman 57 poin dan Kota Solok 44 Poin”, sebut Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar, Damri Tanjung, saat penutupan MTQ tingkat Sumbar di Kota Solok.

” Penetapan juara umum ini merujuk pada hasil penghitungan dan kesepakatan dewan hakim terhadap poin yang diperoleh masing-masing daerah,” tambahnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam sambutannya saat acara penutupan MTQ ke 38 Tingkat Sumbar di Kota Solok mengatakan selain menggapai prestasi, ajang MTQ tingkat Sumbar ini juga wadah latihan bagi qori dan qoriah terbaik Sumbar untuk mempersiapkan diri menghadapi MTQ tingkat Nasional tahun 2020 mendatang yang akan dilaksanakan di Ranah Minang sendiri.

“Jadi, jangan setelah menang di tingkat Provinsi, para juara harus terus berlatih. Sebab, ajang yang lebih besar dengan lebih banyak pesaing juga telah menanti,” harap gubernur Sumbar dua periode yang juga akrab disapa “IP” saat memberi paparan di penutupan kegiatan MTQ.

Disamping itu, Gubernur juga berharap pada semua kafilah MTQ, agar mampu mengimplementasikan apa yang diperlombakan. “Hakekat MTQ ini adalah pengamalan di tengah kehidupan sehari-hari,” kata Irwan.

Disamping itu Walikota Solok, Zul Elfian tak kalah sumringahnya, disamping sukses menjadi tuan rumah, para kafilah Kota Solok Serambi madinah juga sukses menembus posisi 5 besar.

” Kita sangat bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa, karena MTQ ke 38 tingkat Sumbar telah berjalan dengan sukses, dan Para Kafilah Kota Solok juga sukses mengharumkan nama Kota Solok dengan prestasi yang luar biasa”, ujar Zul Elfian saat memberikan sambutan di acara penutupan MTQ tersebut.

” Tak lupa, Kami juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan MTQ ke 38 tingkat Sumbar ini, sehingga Kota Solok dapat Sukses sebagai tuan rumah dan dapat mendulang prestasi sebagai peserta”. Imbuh Zul Elfian.

Dalam upacara penutupan ini Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno juga mengumumkan bahwa yang akan menjadi tuan rumah perhelatan MTQ ke 39 Tingkat Sumbar tahun 2021 mendatang adalah Kota Padang Panjang.(wawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *