Forkopimda Bukittinggi Sharing Informasi ke Jawab Barat

oleh

Bukittinggi, Dekadepos.com.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Bukittinggi, Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang beserta jajaran Pemko dan Perbankan Bukittinggi melakukan kunjungan kerja dan sharing informasi ke Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Rombongan yang dipimpin Walikota H.Ramlan Nurmatias tersebut disambut Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, Sekda dan Asisten Pemerintahan serta Kepala SKPD Kabupaten Bandung Barat di ruang pertemuan Kantor Bupati Bandung Barat di Ngamprah, Kamis (11/7) lalu.     
Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias pada kesempatan itu mengucap kan terima kasih atas kesediaan Pemkab Bandung Barat beserta Kepala SKPD dan jajarannya untuk menerima kunjungan rombongan Pemko Bukittinggi beserta Forkomimda.

Setelah memperkenalkan satu persatu anggota rombongan kepada tuan rumah, walikota Ramlan Nurmatis mempresentasikan gambaran umum kondisi dan potensi Kota Bukittinggi sebagai kota wisata yang sedang giat – giatnya dalam melaksanakan pembangunan diberbagai bidang, serta kegiatan – kegiatan yang sedang dan akan dilakukan di Kota Bukittinggi. Disamping itu walikota juga menjelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan dan dipilihnya Kabupaten Bandung Barat sebagai objek dari kunjungan kerja dimaksud, disamping sebagai silahturrahmi antar dua daerah.

“Kota Bukittinggi memiliki kesamaan dengan Kabupaten Bandung Barat, pemandangan yang  indah dengan udara yang segar serta dukungan kekayaan kultural yang merupakan potensi dalam pengembangan pariwisata sebagai sektor unggulan, namun dari segi penerimaan pajak hotel dan restoran di Bukittinggi belum lagi maksimal, untuk itu kita ingin melihat upaya yang dilakukan dalam pengelola an pajak tersebut,”.ujar Walikota Ramlan Nurmatias.

Dikatakan, untuk meningkatkan percepatan pemerataan pembangunan di Kelurahan, khususnya untuk bisa mampu menunjang kesejahteraan masyarakat, pemerintah mengalokasikan dana kelurahan yang mulai dianggarkan tahun 2019 ini. Dimana pemerintah menilai posisi kelurahan dan desa tidaklah berbeda, yakni sebagai perpanjangan tangan Pemerintah dalam membangun masyarakat Indone sia.  

Mengingat pengelolaan dana desa dan kelurahan tidaklah jauh berbeda, un tuk itu Pemko Bukittinggi juga ingin melihat pengelolaannya agar tidak salah da lam pelaksanaannya nanti.Ujar walikota Ramlan Nurmatias sembari mengundang Bupati dan Forkompimda beserta jajaran SKPD Kab.Bandung Barat untuk datang dan berkunjung ke Bukittinggi menikmati pesona wisata dan kuliner Bukittinggi.

Sementara itu Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengucap kan terima kasih atas kunjungan dan dipilihnya Kabupaten Bandung Barat sebagai lokus dari kunker Forkompimda Bukittinggi.

Hengki Kurniawan yang mengaku telah beberapa kali ke Bukitinggi dan mengagumi keindahan kota kecil tersebut,pada kesempatan itu juga  memapar kan dengan terang upaya – upaya yang telah dilakukan dalam pengembangan po tensi Kabupaten Bandung Barat. Aktivitas ekonomi yang dikembangkan seperti pertanian komoditas padi dan palawija, peternakan, perikanan kolam jaring apung, industri pengolahan serta sektor kepariwisataan.

Kemudian juga dijelaskan upaya yang telah dilakukan untuk peningkatan dan pencapaian PAD khususnya pajak Hotel dan Restoran yang merupakan sektor unggulan yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Pendapatan Kab.Bandung Barat.   
Sebagaimana halnya di Kota Bukittinggi memiliki Sekolah Keluarga, Kabupa ten Bandung Barat memiliki Sekolah Ibu yang baru – baru ini di gagas Pemkab. Bandung Barat setelah diadopsi dari Kota Bogor.

“Sebelumnya Sekolah Ibu dalam penerapannya mendapat tantangan dan polemik karena dianggap diskriminatif terhadap perempuan, sebab dianggap per soalan rumah tangga sebagai dampak dari tidak bekerjanya peran sentral ibu. Ka rena tidak kenal apa itu Sekolah Ibu, kemudian setelah dijelaskan kebutuhan akan pendidikan informal untuk mencegah hingga meminimalkan terjadinya perceraian , meningkatkan kualitas ibu yang salah satunya melalui program pendidikan bagi setiap keluarga yang dilaksanakan secara komprehensif, akhirnya masyarakat me nerima dan saat ini menjadi salah satu program unggulan TP PKK Kab.Bandung Barat”, ungkap Wakil Bupati yang juga mantan bintang FTV ini.

Setelah dilakukan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan saling tukar menukar cendramata dan foto bersama.( Edis )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *