Buka Bursa Inovasi Desa, Staf Ahli Bupati : Harus Munculkan Inovasi dan Pertukaran Pengetahuan

oleh

Sijunjung, Dekadepos.com

Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Syahrial membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa Program Inovasi Desa (PID) tahun 2019 (cluster 1) di UDKP Kecamatan Sijunjung, Senin 15 Juli 2019. Acara yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung bersama Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di Kecamatan Sijunjung, Lubuk Tarok dan Kecamatan IV Nagari ini juga dihadiri Kadis PMN diwakili Kabid Nasrul, Camat beserta Forkopimca dan Wali Nagari di tiga Kecamatan tersebut serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Syahrial menyebutkan bahwa PID berperan sebagai salah satu cara pemerintah memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap inisiatif  baik yang telah dilakukan oleh masyarakat desa/nagari. Proses ini memanfaatkan pertukaran pengalaman dari satu Nagari/Desa ke Nagari/Desa lain melalui forum bursa inovasi desa, sehingga tumbuh semangat untuk melahirkan inovasi -inovasi baru dalam pembangunan desa.

“Dengan adanya Bursa Inivasi Desa ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara nasional dan partisipatif,”harap Syahrial.

Ketua Pelaksana Irsal dalam menyampaikan laporannya menyebutkan bahwa kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Nagari akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa/nagari dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

” Melalui Bursa Inovasi Desa ini diharapkan inovasi-inovasi yang ada di Nagari – Nagari yang di Kabupaten Sijunjung bisa tergali dan terkelola dengan baik, “ujarnya.

” Peserta BID ini sebanyak 60 orang terdiri dari tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Sijunjung, Kecamatan Lubuk Tarok dan Kecamatan IV Nagari, masing-masing diwakili Walinagari, BPN serta satu orang dari perwakilan perempuan yang diwakili oleh kader pembangunan manusia,” lanjut Irsal. (Heru).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *