Hari Anak Nasional 2019, Puluhan Anak Di LPKA Tanjung Pati Terima Remisi

oleh

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Meski tidak ada peringatan Hari anak secara resmi, namun Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 menjadi kebahagiaan tersendiri bagi puluhan anak yang menjadi warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak/LPKA Tanjung Pati – Sumatera Barat (dulu Lapas Perempuan dan Anak.red), terutama bagi tiga dari empat orang anak yang mendapat Remisi bebas di hari itu.

Selasa siang, 23 Juli 2019 puluhan anak-anak tersebut menerima Remisi dari Pemerintah, sesuai dengan yang diajukan pihak LPKA. Penyerahan remisi itu dilakukan oleh Kepala LPKA, Tapianus Abarus melalui Kasi Registrasi, Agusman secara simbolis kepada tiga orang perwakilan anak di Mesjid An-Nur yang berada di lingkungan LPKA.

Sebelumnya, pihak LPKA Tanjung Pati, mengusulkan sebanyak 29 remisi bagi warga binaan anak dan hasilnya, dari semua usulan tersebut semuanya dikabulkan. Dari remisi tersebut, empat orang diantaranya bebas. Dengan rincian satu orang diantaranya masih harus menjalani hukuman tambahan, sebab ada penggantian denda sebanyak Rp 5 juta sesuai putusan hakim. Sehingga masih harus menambah hukumannya.

“ Iya, dari puluhan Remisi yang kita ajukan, semuanya dikabulkan. Sehingga ada beberapa orang anak yang bebas langsung saat peringatan Hari Anak ini.” Sebut Agusman diamini Kasi Pengawasan dan Penegakkan Disiplin, Darisman serta Kasi Pembinaan, Masri Fabrar, Kasubsi Bidang Pendidikan Bimbingan Kemasyarakatan, Misno serta Kasubsi Registrasi, Herman.

Agusman juga menjelaskan, Remisi yang diberikan merupakan implementasi Permenkumham nomor 3 Tahun 2018. Mereka yang diajukan mendapatkan remisi juga harus memenuhi syarat-syarat kuhus. Diantarannya, berkelakuan baik, tidak menjalani hukuman disiplin selama tiga bulan.

LPKA Tanjungpati merupakan lembaga pembinaan yang dihuni anak-anak dan perempuan yang terlibat kasus hukum dari seluruh wilayah Sumatera Barat. Saat LPKA ini dihuni 117 orang dengan rincian 48 orang napi anak (1 perempuan) dan napi perempuan dewasa sebanyak 69 orang. (Edw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *