Ribuan Masyarakat Ramaikan Bukittinggi Bertakbir

oleh

Bukittinggi,Dekadepos.com.

Ribuan warga dan pengunjung Kota Bukittinggi berbaur bersama Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias mengikuti “Bukittinggi Bertakbir” menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, di areal Pendesterian Jam Gadang, Sabtu (10/8) malam.

Kegiatan Bukittinggi Bertakbir yang dikemas dengan berbagai kesenian dan Nyanyian Islami itu,dipimpin Walikota H.Ramlan Nurmatias dan dihadiri Wakil Walikota H.Irwandi, Pimpinan Sementara DPRD, Asri Bakar dan Nur Hasra, beserta anggota DPRD, unsur Forkopimda,Kepala OPD, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan ribuan warga yang berkesempatan hadir dalam kesempatan itu serta Ustadz Albert Nazhir yang akan memberikan Tausyiah pada kegiatan tersebut.

Ustadz Albert Nashir dalam Tausyiahnya menyebutkan,ibadah qurban me rupakan implementasi keteguhan iman dan keikhlasan dari Nabi Ibrahim AS serta anaknya Nabi Ismail AS. Dalam menjalani kehidupan diatas Dunia, kita harus bersabar dan berhati hati dalam mengambil tindakan. Karena semuanya akan diperghitungkan dan kita hartus Ikhlas melaksamakannya, karena semuanya itu akan kita tinggalkan, ujar Albert Nashir.

Kemudian, momet Idul Adha, juga diselenggarakan ibadah haji bagi umat muslim yang telah mampu. Haji menjadi rukum Islam kelima, yang juga merupa kan ibadah fisik, untuk mencari ridha Allah SWT dan bertaubat atas kesalahan yang telah diperbuat selama hidup, kata Ustazd Albert Nashir.

Walikota Bukittinggi, H.Ramlan Nurmatias pada kesempatan itu, mengucapkan, permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh warga kota Bukittinggi. “Atas nama pemerintah kota, keluarga dan juga pribadi, kami mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1440 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita diterima disisi Allah SWT. Kami juga terus mengimbau kepada kita semua untuk mendoakan jemaah haji kita yang tengah menunaikan rukun Islam yang kelima. Semoga menjadi haji yang mabrur,” ujar Ramlan Nurmatias.

Kemudian,Walikota Ramlan Nurmatias juga mengapresiasi warga Kota Bu kittinggi yang turut berqurban tahun ini.Untuk Kota Bukittinggi jumlah Hewan Qurban yang akan disemblih tahun ini di Masjid,Mushalla dan di tengah tengah kelompok masyarakat sebanyak 1.062 ekor,70 ekor diantaranya kambing.Dan jumlah ini meningkat dibandingkan tahun kemaren.kata walikota Ramlan Nurma tias.

Kepada semua panitia Qurban,Walikota Ramlan Nurmatias menghimbau untuk tidak memakai kantong Plastik kresek untuk pembungkus daging,tetapi carilah yang lain selain kantong plastik,harap Walikota.

Bukitinggi Bertakbir ditutup dengan pemukulan bedug oleh Walikota bersama Wakil Walikota dan unsur Forkopimda. Diiringi dengan takbiran oleh sejumlah qori terbaik Bukittinggi yang tergabung dalam Ikatan Persaudaraan Qori dan Qoriah (IPQAH) kota Bukittinggi.

Pagi harinya, Ribuan warga dan pengunjung kota Bukittinggi membanjiri Lapangan Wira braja (Lapangan Kantin) Bukittinggi, untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1440 H, Minggu (11/ 8).

“Alhamdulillah, Bukit tinggi Bertakbir dapat dilaksanakan di pelataran pedestrian Taman Jam Gadang dengan sukses dan khidmad,” ujarnya.

H. Zulfikar,yang mewakili Kakan Kemenag Bukittinggi, menjelaskan, Sesuai hisab dan ru’yat,tidak ada perbedaan dalam penetapan hari raya Idul Adha.Sehing ga disepakati 10 Zulhijjah 1440 H bertepatan dengan Minggu 11 Agustus 2019.

Dikatakan Zulfikar,Idul Adha merupakan hari raya qurban, sebagai salah sa tu bentuk ketaqwaan kepada Allah. Selain berqurban, sebagian umat muslim yang mendapat kesempatan, tengah melaksanakan ibadah haji. “Hari ini jemaah haji berada di Mina untuk melaksanakan wajib haji melontar jumrah, kemaren puncak ibadah haji wukuf di Arafah. Semantara itu, bagi yang belum mendapat kesempat an melaksanakn qurban. Dari dua ibadah ini, kita dapat megambil hikmah dari pri badi Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Nabi Ismail,” ujar Zulfikar.

Walikota Bukittinggi,H. Ramlan Nurmatias,pada kesempatan itu menyam paikan, Idul Adha merupakan peristiwa qurban untuk menguji tingkat ketaqwaan. Intinya manusia harus rela berqurban untuk agama, bangsa dan negara.

“Terkait dengan qurban, Masih banyak saudara kita yang belum mampu menyemblih hewan qurban. Untuk itu dengan ibadah qurban, kita dapat berbagi. Ini tentu menjadi amal yang baik. Sedangkan bagi saudara kita yang tengah melak sanakan haji, mari kita doakan jemaah kita selalu dalam keadaan sehat dan men dapat prediket haji yang mabrur.

Artinya,dalam Idul Adha, kita harus bisa meng ambil dan mentauladani Nabi Ibrahim dan keluarganya dalam ketaqwaannya ke pada Allah SWT,” ujar Walikota Ramlan Nurmatias sembari mengucapkan selamat kepada Anggota DPRD yang telah dilantik pada tanggal 7 Agustus 2019 lalu.

Pada kesempatan itu,Walikota H.Ramlan Nurmatias juga menyampaikan beberapa keberhasilan Pemerintah Kota Bukittinggi bersama masyarakat . peng hargaan serta program kerja yang telah dikerjakan dan tengah dikerjakan pemko Bukittinggi tahun 2019 ini.

Sementara itu,DR. Muhammad Kosim, MA,Dosen UIN Imam Bonjol Padang selaku khatib Shalat Idul Adha, dalam khutbahnya, menjelaskan, dalam Al Quran, ada dua Nabi yang menjadi Uswatun Hasanah. Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW.

Dikatakan,Ada tiga hal penting yang patut diteladani dari Nabi Ibrahim,yaitu meneladai Nabi Ibrahim untuk menjadi umat yang bertauhid. Meneladani Nabi Ibrahim dalam mendidik anak untuk menjadi anak yang shaleh dan Membangun umat dan bangsa dengan membumikan Al Quran.

“Kita harus bersyukur, di Bukittinggi masih banyak anak belajar dan menjadi penghafal Al Quran. Untuk itu, kedepan kita naikkan levelnya, tidak hanya meng hafal saja, namun juga memhami ayat Al Quran dan mengamalkannya dalam kehi dupan sehari-hari. Mari kita sunari rumah, sekolah, kantor dan daerah kita ini dengan cahaya Al Quran.Kata Muhammad Kosim.

Kemudian,Muhammad Kosim mengajak para Pemuda,orang tua,Alim Ula ma,Ninik mamak,Tokoh masyarakat dan Pemerinrtah daerah Kota Bukittinggi un tuk bertekad dan bersama menjadi bagian membumuikan Al Quran di Kota Bukit tinggi.Sehingga Bukittinggi tidak hanya sekedar kota wisata dengan jam gadang nya.Tetapi kita berharap orang datang ke Bukittinggi mengingat Jam gadang dan Mengingat Al Quran.Bahkan Bukittinggi bisa menjadi kota Pendidikan Al Quran. Pada akhirnya,Bukittinggi tidak saja sebagai Kota wisata Budaya dan Kota Wisata Belanja,tetapi yang terdepan Bukittinggi menjadi Kota “Wisata Qurani”, ujar Uztazd Muhammad Kosim.

Seusai Shalat Id dilapangan Wirabraja,Walikota H.Ramlan Nurmatias.Wakil Walikota H.Irwandi melaksanakan Open Haose untuk masyarakat kota Bukittinggi yang ingin berlebaran Idul Adha ke Rumah Dinas Walikota dan wakil walikota di Belakang Bukittinggi.( Edis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *