Wako Ramlan Berharap Perbaikan Instalasi Pengolahan Air Rampung September Mendatang

oleh
Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias  didampingi Direktur PDAM Tireta Jam Gadang,H.Murdi Tahman  tengah melihat pekerjaan Water Treatment Pland (WTP) Belakang Balok,Kamis (15/8)

Bukittinggi, dekadepos.com

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias didampingi Sekda H.Yuen Karnova,Asisten III Setdako, H.Zet Buyung dan Direktur PDAM Tirta Jam Gadang, H.Murdi Tahman, Lurah Belakang Balok, Ketua RW dan RT serta beberapa Pejabat lainnya meninjau Perbaikan Water Treatment Pland (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air yang berada di Belakang Balok, Kamis (15/8).

Menurut Direktur PDAM Tirta Jam Gadang , H.Murdi Tahman kepada Dekadepos, Peninjauan yang dilakukan walikota ke WTP Belakang Balok untuk melihat rehab WTP yang sudah ada semenjak beberapa tahun yang lalu dan WTP itu sengaja direhab untuk mendukung operasional  Embung Tabek Gadang.

Jadi agar cepat beroperasinya Embung Tabek Gadang yang telah selesai itu, Walikota menginginkan rehab WTP ini cepat selesai dan ketika ditanyakan kepada Pelaksana pekerjaan, sesuai kontrak akan selesai pada Oktober mendatang, namun pelaksana pekerjaan menyebutkan akan dapat diselesaikan pada bulan September Apabila selesai September tentu akan secepatnya pula dilakukan uji coba dan sekaligus untuk dioperasionalkan, ujar Murdi Tahman.

Sementara itu Kabag Teknik PDAM Tirta Jam gadang, Budi Suhendra kepada Dekadepos menyebutkan, Water Treatment Pland berfungsi sebagai tempat pengolah air bersih. Dimana air yang ada di Embung Tabek Gadang dialirkan melalui pipa ke WTP untuk diolah menjadi air layak minum. Setelah di olah di WTP Belakang Balok dialiran ke  Reservoar yang ada di depan SD Birugo. Dari Reservoar Birugo itu, barulah didistribusikan kepada masyarakat pelanggan, ungkap Budi Suhendra.

Kemudian, dengan beroperasionalnya Embung Tabek Gadang itu nantinya, akan dapat melayani 4000 pelanggan, tambah Budi Suhendra.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias terlihat merasa puas dengan hasil Rehab WTP yang dilakukan pelaksana pekerjaan dan meminta dapat cepat diselesaikan, dan boleh cepat pula kita mengoperasionalkan Embung Tabek Gadang. Sebab untuk operasional Embung Tabek Gadang sangat terkait dengan WTP ini. Dan kita berharap, akhir September 2019 ini sudah dapat dioperasionalkan, ujar walikota Ramlan Nurmatias.( Edis )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *