Upaya Pencarian Wanita Lansia Yusma yang Hilang di Hutan Masih Dilakukan Tim SAR Gabungan

oleh

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com –

Upaya pencarian terhadap seorang wanita lansia bernama Yusma ( 65 tahun) yang dikabarkan hilang sejak, Selasa (20/8) di kawasan hutan Jorong Kabun Nagari Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, terus dilakukan Tim SAR Gabungan dan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota sampai Kamis malam (22/8) kemarin.

Akibat lokasi pencarian yang berada diantara banyak perbukitan, Tim SAR Gabungan yang diantaranya Pos SAR Limapuluh Kota, BPBD Kota Payakumbuh, Satpol PP, BPBD Limapuluh Kota, TNI dan Polri, relawan Radio, relawan kelompok Siaga Bencana serta Warga, hingga Kamis (22/8/2019) ternyata banyak menemukan kendala, selain medan yang disasar cukup berat juga terkendala oleh sinyal serta jaringan untuk komunikasi.

Kepala Kantor SAR Padang, Asnedi,S.Sos M.Si melalui Kasie Ops Zul Indra SH didampingi Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota Robi Saputra SE yang dihubungi awak media mengatakan,  dalam operasi pencarian orang hilang yang dilakukan tim SAR Gabungan yang berlangsung sejak Selasa (20/8/2019) lalu, mendapat terkendala oleh sinyal, sehingga sulit dalam berkomunikasi antar sesama tim serta Posko yang berada dilapangan.

“Pencarian yang kita lakukan terhadap seorang warga Jorong Kabun atas nama Yusma (63 tahun) yang dikabarkan hilang sejak Selasa (20/8/2019) lalu, masih terus dilakukan, namun akibat lokasi pencarian banyak dikelilingi perbukitan sehingga tim yang tengah bekerja dilapangan cukup sulit dalam menyampaikan laporan ke Posko Lapangan yang berada di Jorong Kabun tersebut,”ungkap Robi.

Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota itu juga menambahkan, hingga Kamis sore (22/8/2019) usaha pencarian masih berlanjut. Namun untuk kendala komunikasi yang terjadi pihaknya dibantu  relawan Radio HT RAPI guna melaporkan segala informasi yang ada dilapangan.

“Operasi pencarian masih kita lakukan, namun kendala komunikasi yang terjadi telah berhasil dibantu relawan radio dari RAPI Kabupaten Limapuluh Kota dengan menggunakan antena radio ringgo untuk memudahkan anggota yang bertugas dilapangan,”pungkas Robi.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Payakumbuh bersama Kelompok Siaga Bencana yang ikut terjun ke Jorong Kabun Nagari Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota untuk membantu usaha pencarian seorang lansia Yusma (65 tahun) yang dikabarkan hilang saat menyusul suaminya sejak Selasa sore (20/8/2019) terus berjibaku memberikan bantuan pencarian.

Tim BPBD Kota Payakumbuh yang dipimpin An Denitral, S.Pd Kabid Rehabilitasi Rekontruksi bersama Tuti Erlina, SE, MM Kasubag Keuangan, Syafrizal, S.ST Kasi Logistik, Jasriyal, S.Pt Kasi Rekontruksi, dan Ade Chandra, SKM, M.Kes Kasubag program dan beberapa KSB seperti Seprianto, Irnaldi, Deded, Delno, dan Rino melakukan penyisiran di hutan tersebut untuk mencari keberadaan Yusma.

“Sesuai dengan SOP, pada pukul 10.00 WIB kami melakukan pencarian dalam radius 1 Km dari lokasi Yusma dinyatakan hilang, namun usaha kita hari ini belum membuahkan hasil, dan pencarian dihentikan saat hari sudah mulai senja pada pukul 17.00 WIB,” papar An Denitral.

Dari keterangan suami Yusma, sekitar jam 9 pagi Selasa (22/8), Yusma ingin menyusul suaminya ke sawah, namun setelah jam 1 siang, suaminya masih menunggu, namun Yusma tak kunjung datang.

Meskipun hasil pencarian hari ini nihil, namun BPBD Payakumbuh menyebut pihaknya akan mengusahakan pencarian lebih pagi pada hari esok dan meningkatkan radius pencarian.

“Kita juga ada posko untuk pusat informasi, walupun sekecil apapun kita terima kalau menyangkut keberadaan Yusma,” kata An Denitral (edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *