Satu Orang Jemaah Haji 50 Kota Gagal Pulang ke Tanah Air

oleh
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi istri menunggu kepulanggan jamaah haji kloter 10 di halaman kantor bupati, Bukik Limau, Sarilamak, Senin (26/8)

LIMAPULUH KOTA, Dekadepos.com

Satu orang jemaah haji Kabupaten Limapuluh Kota, atas nama Saharudin Abas (87) dikabarkan belum dapat pulang ke Tanah Air di kampung halamannya di Kabupaten Limapuluh Kota, karena sedang menjalani perawatan di Mekkah usai melaksanaan ibadah haji.

“Sehari sebelum jadwal pemulangan, memang salah satu dari jamaah kita ada yang sakit. Saat ini beliau tengah dirawat, sehingga ditunda jadwal pemulangannya ke tanah air,” ungkap wakil bupati sekaligus Ketua TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) Kabupaten Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan kepada wartawan, Senin (26/8).

Sebelumnya, dari 362 orang jamaah haji asal kabupaten Limapuluh Kota yang tergabung dalam kloter 10, 361 orang lainnya termasuk wakil bupati Ferizal Ridwan tiba di tanah air pada, Senin dini hari sekitar pukul 01.55 Wib, menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 3408 di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang.

Dan sampai dengan selamat di Kabupaten Limapuluh Kota sekira pukul 10.30 Wib di Halaman kantor bupati Limapuluh Kota, Bukik Limau, Sarimalak. Kedatangan ratusan jemaah haji ini disambut lansung bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi istri Ny. Monalisa serta pejabat pemkab lainnya dan ratusan keluarga jemaah.

Ferizal Ridwan juga menyampaikan rasa syukur, karena jamaah haji asal Kabupaten Limapuluh Kota dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci. “Alhamdulillah. Kita sangat bersyukur, seluruh petugas kompak dalam membimbing dan melayani jamaah. Selain itu, kita juga sangat mensyukuri para jamah termasuk kita, dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci, baik itu ibadah wajib, ibadah sunnah maupun Badal Haji,” ungkapnya

Terkait satu jemaah yang belum bisa balik ke tanah air dirinya mendoaakan agar kesehatan Saharudin Abas segera membaik dan dapat dipulangkan ke kabupaten Limapuluh Kota. “Mari kita doakan kesembuhan beliau,”ungkapnya.

Selain kegiatan rangkaian haji, Ferizal Ridwan mengaku bersyukur dapat diberi kemudahan kelancaran oleh Allah selama di tanah suci, malah disamping bisa membadalkan haji dan umroh untuk pahlawan Nasional Tan Malaka, dia juga sempat diundang dan wawancara khusus untuk berdiskusi dengan Organisasi wakaf yang ada di Mekah.

“Selain ibadah, kita juga konsentrasi dalam menyuarakan dan menelusuri eksistensi Muhamad Amin, Haji Piobang, pada perang di jazirah arab pada tahun 1798. Beliau merupakan ahli perang berpangkat Kolonel, yang mana dalam pasukan tersebut juga ada Haji Sumaniak, Haji Miskin dan Haji Lion,” tuturnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengaku bahagia 361 jemaah telah sampai dengan selamat di kabupatennya. “Kami sangat berbahagia sekali menyaksikan kepulangan jamaah haji kloter 10 ini dengan keadaan selamat. Untuk satu jemaah yang belum pulang saat ini kita berharap kondisi beliau segera pulih dan sampai dengan selamat di Limapuluh Kota,”ungkapnya.

Peluk hangat Bupati Irfendi Arbi menyambut kedatangan Wakil Bupati Ferizal Ridwan yang telah kembali dari tanah suci bersama kloter 10 jemaah haji Kabupaten Lima Puluh Kota, Senin (26/8) sekitar pukul 10.30 WIB

Irfendi juga berpesan, silaturrahmi yang terjalin sesama jamaah selama berangkat ke tanah suci dan kembali lagi ke kampung halaman ini tetap terjaga untuk selamanya. “Semoga Bapak dan Ibu sekalian menjadi haji yang mabrur” ujar Irfendi.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota, Ramza Husmen mengucapkan selamat, kepada seluruh jamaah haji Kloter 10 yang telah selamat kembali sampai di kampung halaman.

“Berkat bimbingan pak Bupati dan Wakil Bupati, alhamdulillah jamaah kloter 10 telah sampai di kampung halaman. Sebagai inovasi dari PPIH embarkasi (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji), Air Zamzam kita serahkan 1 kemasan per jamaah dan Alhamdulillah pekerjaan kita telah terlaksana sesuai SOP yang menjadi amanah bagi kita semua,” sebutnya.

Selain itu, Kakan Kemenag Limapuluh Kota itu juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang tergabung dalam panitia pengantaran dan penjemputan jamaah haji Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kita mengucapkan terimakasih atas bimbingan pak Bupati, Wakil Bupati, dan Kapolres. Kemudian kita juga mengucapkan terimakasih kepada dinas perhubungan, Dinkes dan Bagian Kesra atas kerjasamanya yang solid, sehingga mengantarkan jamaah haji kita menjadi haji yang mabrur, Amin,” pungkasnya.(edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *