Talempong Oguang Minang Sakato dari Kapur IX, Buat Warga Perantau Se Jabodetabek Terkesima

oleh

JAKARTA, dekadepos.com-

Sepertinya, tidak lah kerja sia-sia Grup Musik Tradisi Talempong Oguang Minang Sakato, jauh-jauh datang dari Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, untuk menampilkan kebolehan mereka dalam bermain musik tradisi dihadapan ratusan pasang mata yang memadati Taman Ismail Marzuki Jarkarta.

Betapa tidak, tampil mengisi acara seni tradisi utusan Propinsi Sumatera Barat di pusat kesenian budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) Jarkarta, grup musik tradisi ”Talempong Oguang Minang Sakato” dari Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Kapur IX, tidak hanya memukau penikmat seni tradisi yang ada di Jakarta, Senin malam (9/9).

Namun lebih jauh dari itu, ratusan perantau asal Kecamatan Kapur IX yang tergabung dalam Ikatan keluarga Kapur IX (IKKS) se Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi) yang hadir menyaksikan kebolehan grup musik tradisi ”Talempong Oguang Minang Sakato” berdecak kagum dan bangga dengan penampilan anak nagari Kapur IX.

“ Sebagai warga Kecamatan Kapur IX, utamanya Kabupaten Limapuluh Kota, keluarga besar IKKS se Jabodetabek benar-benar bangga menyaksikan penampilan grup musik tradisi ”Talempong Oguang Minang Sakato,” ungkap Ketua IKKS se Nusantara, Haji Edwar Idrus, yang hadir menyaksikan penampilan itu.

Lebih membanggakan lagi, ulas Haji Edwar Idrus, ternyata Bupati Limapuluh Kota Ir. Irfendi Arbi, MP bersama ibu Monalisa Irfendi, datang menyaksikan penampilan grup musik tradisi ”Talempong Oguang Minang Sakato.

“ Kehadiran Bupati Irfendi Arbi bersama ibu Monalisa Irfendi, benar-benar membuat keluarga besar IKKS se Jabodetabek tersanjung,”  tukuk ulas Haji Edwar Idrus.

TERINGAT KAMPUNG HALAMAN

Salah seorang perantau asal Kapur IX, Eri, menyebutkan bahwa, ketika alat seni tradisi terdiri dari oguang dan gendang dipadu dengan bunyi talempong yang dimainkan pelaku seni grup musik tradisi ”Talempong Oguang Minang Sakato”, irama musik tradisi itu benar-benar menghanyutkan jiwa.

“ Mendengar musik tradisi itu teringat akan kampung halaman. Tampilnya musik tradisi dari kampung halaman ini yang memukau dan penuh daya pikat ini, adalah momen  langka bagi perantau warga Kapur IX yang bermukim di Jabodetabek,” sebut Eri.

Pada kesempatan itu Bupati Limapuluh Kota, Ir. Irfendi Arbi,MP, sangat mengapresiasi atas kekompakan warga Kapur IX, khsusunya warga perantau yang ada se Jabodetabek.

“ Saya tidak menduga begitu banyak warga Kapur IX yang menetap di Jakarta dengan menggeluti berbagai profesi. Ini adalah bukti bahwa Kecamatan Kapur IX memiliki peran penting dalam perkembangan dan kemajuan termasuk perkembangan politik Limapuluh Kota ke depan,” sebut Bupati pilihan rakyat itu.

Bupati Irfendi Arbi mengakui bahwa, banyaknya orang-orang hebat dan tokoh disegani muncul dari Kapur IX yang intinya siap memberikan sumbangsih pemikiran serta mendarmabaktikan dirinya untuk kemajuan Kabupaten Limapuluh Kota ke depan.

Satu hal yang patut menjadi contoh dari warga Kapur IX, ujar Bupati Irfendi Arbi, mereka berkomitmen, kompak dan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat-hebat.

 

“ Bahkan dalam berbagai kegiatan sosial termasuk dalam dunia politik warga Kapur IX bisa kompak, dengan tujuan ingin membangun daerah secara bersama-sama kearah yang lebih baik,” pungkas  Bupati Irfendi Arbi. (edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *