BPBD Limapuluh Kota Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana di Nagari Lubuak Alai

oleh

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota menggelar kegiatan sosialisasi Kelompok Siaga Bencana (KSB) di Nagari Lubuak Alai, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa,(10/9).

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Jhoni Amir,S.Sos, dipilihnya Nagari Lubuak Alai sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan sosialisasi penanggulangan bencana karena di nagari ini  belum terbentuk Kelompok Siaga Bencana (KSB).

“Secara geografis Nagari Lubuak Alai sangat strategis dibentuknya KSB. Pasalnya, Nagari Lubuak Alai berbatasan langsung dengan kecamatan tetangga Pangkalan Kotobaru dan dibatasi oleh Nagari Gunuang Malintang. Kemudian nagari ini juga bertetangga dengan Nagari Koto Lamo dan juga berbatas langsung dengan wilayah Nagari Maek, Kecamatan Bukik Barisan,” ujar Jhoni Amir.

Dijelaskan mantan Kabag Humas Pemkab Limapuluh Kota itu, karena letak Nagari Lubuak Alai sangat strategis, tentunya diharapkan nagari ini dapat menjadi basis kelompok siaga bencana. Artinya, jika sewaktu-waktu dibutuhkan tenaga perbantuan untuk tugas kemanusiaan dalam menghadapi musibah atau bencana, serta membantu penanggulangan bencana, utamanya bagi nagari yang berbatasan dengan Nagari Lubuak Alai, maka relawan dari KSB Nagari Lubuak Alai akan mudah diakses.

Diakui Jhoni Amir, karena Kabupaten Limapuluh Kota dikenal sebagai daerah yang rawan bencana seperti banjir, longsor dan puting beliung, tentunya untuk penanggulangan bencana yang datang tidak diduga-duga itu, dibutuhkan kesiapsiagaan masyarakat dan komonitas  KSB untuk memberikan bantuan.

“ Artinya, setiap kali terjadi bencana di daerah ini, peran serta KSB yang ada di Nagari sangat diharapkan agar berperan aktif melakukan penanggulamgan bencana yang terjadi,” ujar Jhoni Amir.

Dijelaskan Jhoni Amir, dengan terbentuknya Kelompok Siaga Bencana di Nagari Lubuak Alai, diharapkan dapat bersinergi dengan KSB yang ada di nagari lain dalam kawasan Kabupaten Limapuluh Kota.

Sementara itu Walinagari Lubuak Alai, Asri Dt Lelo mengaku bersyukur dan mengapresiasi digelarnya sosialisasi penanggulangan bencana di Nagari Lubuak Alai.

“ Dalam waktu dekat, Pemerintahan Nagari Lubuak Alai akan membentuk Kelompok Siaga Bencana (KSB)  tingkat kenagarian,” ujar Asri Dt Lelo.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi Kelompok Siaga Bencana (KSB) di Nagari Lubuak Alai, Kecamatan Kapur IX, itu empat orang pembicara dari UNP Padang diantaranya Prof. Eri Berlain dan DR. Indang Dewata, serta Kepala BPBD Limapuluh Kota, Jhoni Amir. (edw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *