Petani Resah, Hama Tupai Mengganas Di Payakumbuh

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com 

Masyarakat tani di Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh diresahkan dengan ulah mengganasnya serangan hama tupai, yang sejak  beberapa bulan bekalangan ini telah menggasak tanaman perkebunan masyarakat setempat.

Tupai-tupai penggerek hasil perkebunan masyarakat seperti kelapa, kakao atau coklat dan jagung serta tanaman buah-buahan lainnya itu, selain menggangu juga merusak tanaman perkebunan para petani lainnya.

“ Sudah puluhan hektar perkebunan masyarakat yang ada di Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara, ini yang telah diserang hama tupai. Atas mewabahnya serangan hama tupai tersebut, tidak sedikit kerugian materi yang dialami para petani, karena gagal panen,” sebut Edi Syamsu, warga setempat didampingi Wandi Usman yang merupakan Kepala RT 04 RW 03 di Kelurahan itu.

MINTA BANTUAN LIKO SC

Mewabahnya serangan hamba tupai di Kelurahan Ompang Tanah Sirah, selain sangat meresahkan masyarakat petani yang ada di daerah ini, sekaligus juga mengundang keprihatinan Lurah Kecamatan Payakumbuh Utara.

Untuk menyikapi keserahan warganya itu, Lurah Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Erizal, meminta bantuan kepada komoditas pembasmi hama tupai Liko SC untuk berburu di areal perkebunan masyarakat yang telah dirusak hama tupai tersebut.

Melalui suratnya yang ditujukan kepada Ketua Liko SC, Lurah setempat mengharapkan bantuan agar komuditas pembasmi hama tupai itu turun melakukan pembasmian terhadap binatang penggerek tanaman perkebunan warga petani itu.

“Jika tak ada aral melintang, para pemburu hama tupai dari Liko SC akan turun melakukan pembasmian, Minggu (15/9) mendatang,” ujar Lurah Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Erizal, seperti tertuang dalam surat yang dilayangkannya kepada Liko SC.

Sementara itu salah seorang petinggi Liko SC, Yuniwal, yang dihubungi membenarkan bahwa Lurah Kelurahan Ompang Tanah Sirah, meminta bantuan kepada anggota Liko SC untuk turun melakukan pembasmian hama tupai di lahan perkebunan masyarakat Lurah Kelurahan Ompang Tanah Sirah.

“ Ya, kita sudah menerima surat permohonan dari Lurah Kelurahan Ompang Tanah Sirah terkait mengganasnya serangan hama tupai di daerah itu,” ungkap Yuniwal.

Menurut Yuniwal, pihak Liko SC akan menurunkan anggotanya sekitar 20 sampai 30 orang untuk melakukan pembasmian terhadap hama tupai yang mengganas di daerah itu.

Diakui Yuniwal, dua tahun lalu anggota Liko SC sudah pernah berpartisipasi melakukan perburuan hama tupai yang menyerang tanaman petani di daerah kelurahan itu.

Menurut Yuniwal, sejauh ini keberadaan Liko SC sudah menjadi mitra bagi Dinas Pertanian Pemkab Limapuluh Kota dalam rangka memberikan bantuan dan berpartisipasi membasmi hama tupai yang berkembang di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota.

“ Kerjasama dengan pihak Dinas Pertanian Pemkab Limapuluh Kota ini selain berdampak positif untuk kemitraan dan membantu masyarakat petani, sekaligus juga bermanfaat bagi anggota Liko SC dalam menyalurkan hobbi berburunya,” pungkas Yuniwal. (Edw). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *