Kualitas Udara Turun, DLH Himbau Masyarakat Tidak Lakukan Pembakaran Sampah

oleh
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, Dafrul Pasi.

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menghimbau masyarakat yang berada di Kota itu untuk tidak melakukan pembakaran Sampah agar kualitas udara didaerah tersebut tidak bertambah buruk. Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang melakukan Pengukuran Kualitas Udara di Kota Payakumbuh.

Pengukuran kualitas udara tersebut dilakukan didua waktu berbeda, siang hari dan malam hari. Dari hasil yang dilakukan itu diketahui bahwa kualitas udara di Payakumbuh mengalami penurunan, namun masih dalam ambang batas yang wajar sehingga masyarakat tidak perlu cemas.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, Dafrul Pasi, himbauan tersebut dilakukan agar masyarakat tidak ikut untuk memperburuk kualitas udara di Payakumbuh yang turun akibat Kabut Asap yang terjadi. Dari hasil pengukuran kualitas udara yang dilakukan, kualitas udara di Payakumbuh masih berada di angka 25 pada siang hari dan 23 PM10 pada malam hari.

“ Beberapa waktu yang lalu kita bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang melakukan pengukuran kualitas udara di Payakumbuh, dari hasil pengukuran didua waktu berbeda itu (siang dan malam.red) didapat hasil yang masih berada dalam ambang batas aman. Sebab indikator mutu udara 0-50 mash berada dalam kondisi baik.” Sebut Dafrul Pasi, baru-baru ini.

Mantan Camat itu juga mengatakan, menurunya kualitas udara di Payakumbuh disebabkan pengaruh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pekanbaru – Riau. Untuk mengantisipasi terus memburuknya kualitas udara di Payakumbuh, Dafrul mengingatkan dan menghimbau agar masyakarat tidak melakukan pembakaran sampah, termasuk untuk membatasi aktivitas keluar rumah jika tidak perlu dan menggunakan masker jika memang perlu.

“ Kita Himbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah agar kualitas udara (kabut asap) tidak semakin buruk . Selain itu untuk tidak banyak melakukan aktivitas diluar rumah jika tidak perlu, dan menggunakan masker jika memang perlu.” Ujarnya. (Edw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *