Kabut Asap Makin Tebal Dinas Kesehatan Bagikan Ratusan Masker

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada didaerah itu mulai membagi-bagikan Masker pada pengendara yang melintas di Jalan Utama Kota itu atau di lampu merah Tugu Adipura Kota Payakumbuh.

Aksi bagi-bagi masker gratis itu juga dilakukan Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda didmapingi Kepala Dinas Kesehatan, Bakhrizal serta Pimpinan Puskesmas yang ada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh pada Jumat pagi 13 September 2019.

Selain kepada pengendara roda dua, bagi-bagi masker gratis tersebut juga dilakukan kepada pengendara roda empat maupun pejalan kali yang melintas. Ratusan masker yang dibagikan tersebut habis hanya dalam hitungan jam.

Menuru Rida Ananda, pembagian masker dilakukan karena kabut asap di Payakumbuh sejah dua hari terakhir semakin tebal, bahkan jarak pandang juga semakin dekat. Ia berharap pembagian masker itu dapt mengantisipasi dampak buruk kabut asap bagi kesehatan.

“ Iya, hari ini memang hari pertama kita melakukan bagi-bagi masker kepada masyarakat. Karena kabut asap kita lihat semakin tebal pada pagi hari dan siang hari.” Sebut Rida Ananda didampingi Bakhrizal.

Ia juga menambahkan, jika kabut asap makin tebal, tidak tertutup kemungkinan pembagian masker akan terus dilakukan dibeberapa titik lainnya. Sementara terkait aktivitas sekolah, mantan Kepala Bappeda itu menyebutkan bahwa Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan sudah mengajurkan sekolah-sekolah di Payakumbuh untuk meliburkan aktivitas belajar mengajar.

“ Iya, melalui Dinas Pendidikan kita sudah menganjurkan sekolah-sekolah untuk menghentikan proses belajar mengajar untuk beberapa hari kedepan hingga kabut asap mulai berkurang.” Ujarnya.

Selain membagi-bagikan masker pengendara yang melintas, Petugas Medis (Dinas Kesehatan dan Puskemas) yang membagikan masker juga menganjurkan agar masyarakat banyak minum air putih dan mengurangi aktivitas diluar rumah.

“ Iya, kita himbau masyarakat untuk banyak minum air putih dan mengurangi aktivitas dilaur rumah, jika memang perlu keluar rumah kita sarankan untuk menggunakan masker.” Sebur Rika, SKM, Pimpinan Puskesmas Air Tabir yang juga ikut langsung membagikan masker kepada masyarakat. (Edw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *