Kabut Asap di Tanah Datar Dinyatakan Tidak Sehat, Ini Tindakan Pemda

oleh

Barusangkar,dekadepos.com

Untuk mengantisipasi kabut asap tidak sehat dalam beberapa hari ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar , Jum’at (13/09) membagikan masker untuk pelajar dan masyarakat umum.

Pembagian masker, sebut wabup Zuldafri Darma untuk mengantisipasi kabut asap semakin menebal di Tanah Datar, sehingga para siswa dan masyarakat terhindar dari dampak negatif kabut asap.

Guna menjaga kesehatan, kata Wabup diharapkan kepada  para guru berusaha mengurangi aktivitas di luar ruangan. Penggunaan masker itu tidak hanya 
bagi siswa SD tetapi juga bagi semua tingkatan pendidikan. “Kalau tidak ada  aral melintang, Insya Allah 10.000 masker akan didistribusikan ke sekolah dan masyarakat umum “, tekan Zuldafri.

Seterusnya, Kadis Kesehatan Tanah Datar dr Yesrita Zedrianis mengatakan belum ada dampak peningkatan kabut asap terhadap kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).Walaupun belum ada peningkatan tetapi kita  sudah menerbitkan edaran ke Puskesmas se Tanah Datar untuk melakukan penyuluhan bagi anak-anak, lansia dan masyarakat umum.

Sedangkan kadinas Perkim dan LH Tanah Datar Dessy T Korina menyebutkan dari hasil uji kualitas udara ambien,maka  masyarakat diharapkan memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Dikatakan Dessy, Kondisi ketebalan asap yang dipantau selama 24 jam, sejak pukul 9.45 WIB kemarin sampai  pukul 9.45 WIB Jumat ini diperoleh  angka indeks standar pencemaran udara (ISPU) 
‘ 101,5  ‘  ” Sesuai Kepmen LH Nomor KEP-45/MENLH/10/1997 , indeks standar pencemaran udara  ‘ 101-199 ‘ masuk dalam  kategori tidak sehat “, jelas Dessy mengakhiri – (hatiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *