Pimpinan DPRD Payakumbuh Sudah Defenitif, AKD Terbentuk

oleh

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Rapat paripurna dalam rangka peresmian pengangkatan dan pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD Kota Payakumbuh periode 2019-2024 digelar di Aula Kantor DPRD KOta Payakumbuh, Selasa (8/10).

Hamdi Agus dari Partai PKS dilantik sebagai Ketua DPRD Kota Payakumbuh, sementara Wulan Denura dari Partai Gerindra dan Armen Faindal dari Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Periode 2019-2024. Pengucapan sumpah dan janji ini dipandu langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Payakumbuh Indah Wastukencana Wulan.

Pelantikan ini dihadiri langsung Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, unsur Forkopimda, serta tamu undangan.

Pengucapan sumpah dan janji ini didasari pada Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-733-2019 tanggal 27 September 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan  DPRD Kota Payakumbuh.

Handi Agus yang baru saja dilantik menyebut semoga tugas yang diamanahkan dapat dijalankan dengan baik, sesuai dengan aturan, dan DPRD mampu aspiratif kepada keinginan masyarakat Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengucapkan selamat kepada para pimpinan DPRD yang barusaja dilantik. Walikota mengatakan perjuangan menanti, masyarakat menunggu wakil rakyatnya untuk bersinergi menggerakkan program pembangunan bersama.

“Harapan kami agar keberhasilan yang selama ini telah diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya,” kata Riza.

Walikota Riza mengajak agar seluruh pihak untuk menjaga suasana kondusif agar seluruh program yang direncanakan pemerintah dapat berjalan lancar, demi kemajuan pembangunan di Kota Payakumbuh.

AKD TERBENTUK

Siangnya Ketua DPRD Hamdi Agus langsung memimpin rapat paripurna internal untuk pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Setelah menerima usulan tujuh fraksi yang ada di DPRD Payakumbuh maka lima AKD terbentuk dengan mulus.

Sebelum masing-masing AKD membentuk pimpinannya, maka dilakukan pemilihan anggota BK. Untuk BK tersebut fraksi yang mengusulkan anggotanya untuk dipilih masing-masing F-PKS mengusulkan Suparman, Mawi Etek Arianto (F-Gerindra), Y.B. Dt. Parmato Alam (F-PG),  Alhudri Dt. Rangkayo Mulia (F-PPP), Mesrawati (F-PAN PKB) dan Ismet Harius (F-Nasdem PBB PDI-P). Sedangkan F-PD tidak mengusulkan anggotanya.

Setelah 25 anggota DPRD melakukan pemungutan suara, maka tiga anggota BK terpilih masing-masing Y.B. Parmato Alam, Ismet Harius, Mawi Etek Arianto. Ketiganya sepakat Ketua DPRD periode 2014-2019 menjadi ketua BK, Ismet Harius (wakil) dan Mawi (anggota).

Sementara Komisi A terdiri dari Sri Joko Purwanto (F-PD, ketua), Aprizal M (F-Gerindra, wakil ketua), Zainir (F-PAN PKB, sekretaris) dan anggota Nasrul (PKS), Wirman Putra (F-PG),  H.  Alhudri Dt. Rky Mulia (F-PPP), dan Yanuar Gazali (F-Nasdem PBB PDIP). Kordinator Hamdi Agus.

Komisi B terdiri atas H. Maharniszul (F-PG, ketua), Edward DF (F-PPP, wakil ketua), Yernita (F-Gerindra, sekretaris), dan anggota Heri Iswandi (F-PKS), Opetnawati (F-PAN PKB), dan Ahmad Ridha (F-Nasdem PBB PDIP). Kordinator Harmen Faindal.

Komisi C terdiri atas H. Ahmad Zipal (F-PPP, ketua), Mesrawati (F-PAN PKB, wakil ketua), Syafrizal (F-Nasdem PBB PDIP, sekretaris), dan anggota Suparman, Mustafa (F-PKS), Mawi, Falepi Mazni (F-PD), Y.B. Dt. Parmato Alam, Ismet Harius.

Sementara anggota Badan Musyawarah (Bamus) masing-masing Nasrul, Heri Iswandi, Yernita, Falepi Mazni, Edward DF, Wirman Putra, Opetnawati, Syafrizal, Ahmad Ridha. Badan Anggaran (Banggar) terdiri dari Suparman, Mustafa, Aprizal M, Sri Joko Purwanto, Y.B. Dt. Parmato Alam, Ahmad Zipal, Zainir, Yanuar Gazali, Ismet Harius. Pimpinan di dua AKD ini langsung dipegang Pimpinan DPRD.

Sedangkan Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) diisi oleh Ahmad Ridha (ketua), Alhudri Dt. Rky Mulia (wakil ketua), dan anggota Heri Iswandi, Mawi, Falepi Mazni, Maharniszul, dan Mesrawati. Sekretaris Bapemperda langsung dipegang Sekretaris Dewan (Sekwan) Elvi Jaya.

Hari ini (Rabu, 9/10) seluruh anggota AKD kecuali Bamus melakukan Rapat mwnyusun program kerja. Sedangkan Bamus baru akan rapat Kamis (10/10) untuk mwnyusun jadwal kerja anggota DPRD perilde 2019-2024 tersebu. (edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *