Pinto Janir, Ciptakan Lagu yang Mengharumkan dan Membanggakan Warga Kota Pikumbuah

oleh

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Seorang musisi, budayawan dan juga jurnalis, Pinto Janir, akhir-akhir ini pemikiran dan imajinasinya tengah terkosentrasi kepada daerah Kota Payakumbuh yang kini populer dijuluki ‘Kota Rendang’.

Saking tertariknya mantan wartawan Mingguan Canang serba bisa itu  sengaja datang ke Kota Payakumbuh untuk ‘menguliti’ daerah yang terkenal sebagai kota kuliner untuk melakukan riset dan bahkan bertemu langsung dengan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, untuk berdiskusi.

Sebagai musisi sekaligus pelantun lagu-lagu Minang, Pinto Janir memang lihai memanfaatkan peluang sehingga dengan mudah dia berhasil menciptakan dan mendendangkan beberepa lagu yang syair dan iramanya berbau ke daerahan kota Pikumbuah.

Simak lagu rancak berjudul; Rendang Payakumbuh. Lagu yang diciptakan dan dijanjikan langsung oleh Pinto Janir dengan musik digarap ole Dedi Kencana dan Studio DATZ Record itu, sekejab saja sudah dilantunkan di ruang-ruang publik melalui grup WhatsApp (WA).

https://www.youtube.com/watch?v=-hifsyPARjc&feature=youtu.be

Lagu yang berirama kocak, sekocak si peciptanya Pinto Janir itu, selain membanggakan rang Pikumbuah sekaligus lagu itu berbau promusi daerah yakni betapa eloknya kota kecil yang menjadi pintu masuk atau gerbang bagian timur Propinsi Sumatera Barat dengan Propinsi Riau.

Simaklah syair lagu berjudul Rendang Payakumbuh ini;

Payakumbuh manjakan selera

beragam masakan tersedia

Di Payakumbuh hati gembira

Rendang terenak di dunia

 

Nikmatnya rendang itik jo baluik

aduh asiknya rendang telur

pangek cubadak dan gulai paluik

ke Payakumbuh jangan diundur

 

Anak dipangku kamanakan dibimbiang

Lamak dek awak katuju dek urang

katupek gulai paku jo randang  jariang

di Payakumbuh adoh sagalo randang

 

sawah manjadi bakambang taranak

Hilang rusuh hilang hati nan samak

 

Galamai batiah jo sate nanak

Kuliner Payakumbuah sabana lamak

Sukses mencipatakan lagu berjudul Rendang Payakumbuh, Pinto Janir, belum berhenti untuk berkarya menggarang lagu untuk masyarakat Kota Payakumbuh.

https://www.youtube.com/watch?v=glfoRcMKupY&feature=youtu.be

Lagu terbaru yang diciptakan Pinto Janir berjudul ‘Selamat Datang di Payakumbuh’ Lagu yang syairnya dan iramanya menyentak-nyentang relung perantau rang Pikumbuah karena pakai vidio klip yang menggambarkan tentang suksesnya pembangunan Kota Payakumbuh di tangan Walikota Riza Falepi ini telah viral dan malag sudah mengumandang di radio swasta di kota ini. (ds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *