SMAN 1 GUGUAK BERIKRAR SEKOLAH PEDULI SAMPAH

oleh

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com

Sosialisasi pentingnya kesadaran bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk lingkungan sekolah untuk peduli terhadap pengelolaan sampah, ternyata mendapat respon sangat baik dari kalangan pelajar di lingkungan sekolah yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

Buktinya, dalam kegiatan pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang digelar di lapangan bola kaki Tanjung Jati VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, keluarga besar SMAN I Guguak, berkesempatan membacakan ikrar Sekolah Peduli Sampah.

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Perumahan dan Pemukiman (DLHPP) Kabupaten Limapuluh Kota, Yuniwal,MT, menyatakan bahwa, ikrar yang disampaikan siswa SMAN I Guguak membuladkan tekad sebagai Sekolah Peduli Sampah, adalah buah dari sosialisasi pengelolaan sampah yang dilaksanakan DLHPP sekolah tersebut beberapa waktu lalu.

Menurut Yuniwal, ada kebanggaan serta kepuasan bagi Dinas Lingkungan Hidup Perumahan dan Pemukiman Limapuluh Kota, atas adanya kesadaran para pelajar untuk membuat ikrar Sekolah Peduli Sampah tersebut.

“Artinya, sosialisasi yang disampaikan Dinas LHPP ke SMAN I Guguak, ternyata tepat sasaran dan mengena dan dapat diterima dengan baik dilingkungan sekolah setempat, sehingga keluarga besar SMAN I Guguak mengikrarkan Sekolah Peduli Sampah,” ujar Yuniwal.

Dinyatakan Yuniwal, adapun ikrar yang disampaikan keluarga besar SMAN I Guguak yang berbunyi Sekolah Peduli Sampah itu, tentunya bukan sekadar ungkapan saja. Namun, lebih jauh dari itu, keluarga besar SMAN I Guguak juga menyatakan bahwa, SMAN I Guguak dengan rasa penuh tanggungjawab berikrar akan peduli dan peka terhadap lingkungan hidup, hemat energi dan sumber daya alam lainnya, hidup bersih dan sehat dengan membuang sampah pada tempatnya.

Tak hanya itu, siswa SMAN I Guguak juga bersepakat akan mengurangi jumlah sampah dan melakukan daur ulang sampah serta akan memujudkan lingkungan yang bersih hijau dan nyaman serta menjunjung tinggi kebersihan lingkungan SMAN I Guguak demi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Yuniwal, sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah, akan terus dilakukan Dinas LHPP, dengan cara mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Sesuai dengan penegasan Bupati Irfendi Arbi yang menyatakan bahwa, setiap OPD harus melakukan inovasi, maka Dinas LHPP Kabupaten Limapuluh Kota akan menyikapi himbauan itu dengan baik dan terus berbuat sesuai dengan tupoksinya,”pungkas Yuniwal. (edw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *