Lagi, Puting Beliung Landa Payakumbuh

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Hujan deras yang disertai angin kencang pada Minggu sore 10 November 2019 mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa beberapa bangunan di Payakumbuh sehingga mengalami kerusakan cukup parah akibat tertimpa pohon. Meski tidak ada korban jiwa, namun peristiwa tersebut mengakibatkan aliran listrik di Kawasan Jalan Prof. M. Yamin.

Bahkan arus lalulintas dari arah Payakumbuh menuju Simpang Bukit Sitabur terpaksa dialihkan menuju ke arah Padang Tangah Payobadar (SMKK.red) karena Pohon Beringin besar yang berada di Simpang Bukit Sitabur Tumbang dan menghambat arus lalulintas. Tumbangnya pohon beringin tersebut tidak saja menghambar lalulintas dan menimpa rumah dan kedai warga, namun juga disebut-sebut menimpa sebuah mobil pribadi yang tengah terparkir.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang turun langsung memantau bencana angin puting beliung bersama Sekdako, Rida Ananda itu mengatakan bahwa akibat kejadian tersebut merusak sejumlah rumah,kedai dan bangunan lainnya di beberapa kecamatan. Untuk sementara diperkirakan terdapat 7 hingga 8 titik yang terdampak dari puting beliung tersebut.

“ Tadi kita sudah menyisir beberapa titik yang terkena dampak puting beliung. Yang terparah ada di Kecamatan Payakumbuh Selatan dan Timur, diantarannya Kelurahan Sicincin, Bukik Sitabur, Aur Kuning. Ada yang rumah hancur, pohon tumbang.” Ujar Riza didampingi Rida Ananda Minggu Sore 10 November 2019 di Kawasan Tumbangnya Pohon Beringin di Bukik Sitabur.

Riza juga menambahkan, pasca kejadian pihaknya langsung turun memantau dampak dari puting beliung. Ia juga mengapresiasi Swadaya masyarakat, TNI, Polri yang bahu dalam membantu membersihkan rumah-rumah warga dan pohon yang tumbang akibat peristiwa itu.

Selain Riza, sejumlah Perwira Kepolisian dari Polres Payakumbuh dan BPBD juga terlihat turun langsung ke lokasi kejadian membantu warga yang terkena musibah. Hingga kini petugas BPBD, SAR, Satpol-PP, TNI, Polri dan Masyarakt masih bekerja membersihkan/memotong pohon beringin yang membentang di jalan Raya Payakumbuh-Lintau di Bukik Sitabur.

Lili, salah seorang warga Kelurahan Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur mengatakan bahwa akibat kejadian puting beliung, sedikitnya 4 unit bangunan didaerahnya mengalami rusak. Bahkan 1 unit rumah warga terbelah akibat ditimpa pohon kelapa yang tumbang.

“ Sekitar 4 unit bangunan rusak akibat tertimpa pohon, bahkan ada yang terbelah. Selain itu juga ada PAUD yang mengalami rusak.” Ujarnya. (Edw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *