Disparpora Bukittinggi Gelar Lomba Drumband Tingkat Sumbar

oleh

BUKITTINGGI, dekadepos.com-

Sebanyak 45 unit drumband dari sekolah TK, SD, SLTP, SLTA dan umum tingkat Sumatera Barat dipastikan akan mengikuti lomba drumband dalam event Bukittinggi Open Marchingband Competition (BOMC) Ke-IV Tahun 2019 yang akan diadakan di lapangan Wirabraja Kantin Bukittinggi dan Pendestrian Jam Gadang Kota Bukittinggi, Sabtu-Minggu, 23-24 November 2019.

Event drumband ternama di Sumatera Barat ini diselenggarakan oleh Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) bekerjasama dengan Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kota Bukittinggi dalam rangka Hari Jadi Kota Bukittinggi Ke-235, dengan tiga mata lomba yakni Display, Street Parade dan Drumbattle dengan total hadiah sebesar Rp.60 Juta.

Hal ini disampaikan Ketua PDBI Kota Bukittinggi, M. Nur Idris didampingi Kabid Pemuda Olahraga Disparpora Bukittinggi, Wajidi dan Kasi Sarana Disparpora Yopi Zulpikar serta sejumlah staf Disparpora dan pengurus PDBI Kota Bukittinggi. Usai melaksanakan technical meeting lomba bersama pembina drumband peserta BOMC, di sekretariat BOMC Jalan Veteran Simpang Jirek Bukittinggi, Senin (11/11)

“Tadi kami baru selesai technical meetting bersama pembina dan offesial drumband peserta BOMC sebanyak 45 unit drumband yang berasal dari Kota Bukittinggi dan diluar Bukittinggi seperti Padang, Sijunjung, Pariaman, Payakumbuh dan Agam sudah mendaftar sebagai peserta BOMC IV Tahun 2019,” ujar M. Nur Idris.

Dikatakan M. Nur Idris,lomba BOMC IV akan memperebutkan Piala Bergilir Walikota Bukittinggi dan akan dibuka langsung oleh Walikota Ramlan Nurmatias serta dihadiri oleh Forkompinda Bukittinggi, PDBI Provinsi Sumatera Barat, PDBI kabupaten/kota se-Sumatera Barat dan tamu undangan dari luar daerah. Lomba diadakan di dua lokasi yakni lapangan kantin untuk mata lomba Display dan Street Parade dan lapangan pendestrian Jam Gadang untuk mata lomba heboh Drumbattle yang diadakan malam minggu.

“Khusus mata lomba Drumbattel ini pertama kali diadakan Dalam BOMC. Mata lomba ini paling heboh dan ditunggu penggemar drumband. Makanya kita adakan malam minggu di Jam Gadang biar ramai pendukung yang datang. Jadi konsep wisatanya masuk juga dalam BOMC ini” ujar M. Nur Idris.

Dalam lomba BOMC kali ini, kata Idris akan memakai sistem penilaian dari Asian Marchingband Cofederation (AMBC).Juri di datangkan dari AMBC yang punya sertifikat Nasional dan Internasional yakni Sehat Kurniawan Saiman (Jakarta), Andi Hasan Selamat (Surabaya), Fachrul Razi (Medan), Mulfi Rahman (Jakarta) dan Ginanjar Kamil (Bandung).

“Semua juri kita datangkan dari luar daerah dan kelas internasional. Dengan pertimbangkan agar terjaga netralitas dan targetnya ke depan event BOMC ini tercatat sebagai lomba nasional dan internasional. Jadi kalau tahun depan akan di adakan BOMC tahun 2021 sudah bisa membuat kejuaraan tingkat nasional dan internasional,” ujar M.Nur Idris.

Sementara itu Kabid Pemuda Olahraga Disparpora Bukittinggi, Wajidi, meng apresiasi diadakannya lomba BOMC ke IV ini. Ia mengatakan bahwa Walikota dan Kadisparpora sudah mendukung penuh acara lomba ini. “Kami sangat berterima kasih kepada PDBI dan pengurus yang membantu mengadakan lomba BOMC ini. Mudah-mudahan lomba kali ini lebih meriah lagi,” ujar Wajidi yqng mengaku da tang mewakili Kadisparpora Erwin Umar yang tidak sempat hadir karena ada tugas lain.

Pada kesempatan itu,Wajidi berharap lomba BOMC ini dapat diikuti oleh sekolah yang ada di Bukittinggi sambil memeriahkan HJK Kota Bukittinggi ke 235. Ia sangat memberikan apresiasi kepada sekolah TK yang ikut sebagai peserta. “Saya bangga adanya peran sekolah TK ambil bagian dalam lomba BOMC tahun ini. Tentu akan menambah semaraknya BOMC dan akan ramai dihadiri oleh orang tua murid TK” ujar Wajidi yang diamini Kasi Sarana Yopi Zulfikar.(Edis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *