Imam Gunawan: Saat Ini Zaman Kaum Muda

oleh

BUKITTINGGI, dekadepos.com-

Pemuda Kota Bukittinggi Temu Ramah dengan Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Gunawan, MAP didampingi Sekretaris Daerah Bukittinggi H.Yuen Karnova.

Temu Ramah yang mengambil Tema “Pemuda Kota Bukittinggi dengan jiwa enterpreneurship dan leadership siap menyongsong Bonus Demografi 2030-2040”,diadakan di Hall Badan Keuangan Bukittinggi,Selasa (19/11).

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga H.Erwin Umar mengatakan, kegiatan Temu Ramah dengan Asisten Deputi Kewirausahaan ini sangat penting dan strategis . Terutama menghadapi bonus demografi. Tentunya para  pemuda  harus diasah, dilatih dan dibina, sehingga kemampuan sklil dan kematangan indi vidu membuat pemuda Bukittinggi menjadi produktif dan mempunyai hidup yang lebih layak bagi masa depannya.

Saat ini, sebagian pemuda pada tahap awal telah dilatih kewirausahaan dan diberikan modal seperti desain dan mode,  UMKM perdagangan, motor servis .Ke depan pemko lewat Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga akan tetap memberikan dan memfasilitasi kepemudaan. Dengan dukungan dari Kemenpora,ujar Erwin Umar.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi H.Yuen Karnova saat memberikan materi mengatakan, kewirausahaan saat ini tidak bisa diartikan dengan kewirausahaan zaman dulu. Apa yang terjadi saat ini jauh berbeda dari masa dulu. Saat ini serba internet. Saat ini zaman kaum muda. Sekarang tergantung dari kita, mau menjadi tuan rumah yang baik atau tidak. Hari ini dunia bergerak sangat cepat tidak ada tidur. Oleh karena itu pemuda dituntut bisa menyikapi keadaan itu. Hari ini lawan kita adalah lawan lawan tidak nampak.ujar Yuen Karnova.

Dikatakan,Saat ini bisnis berbasis platform dan tidak lagi berbasis produk. Apa itu platform? Secara sederhana contohnya aplikasi gojek. Tidak hanya menye diakan fasilitas transportasi tapi juga ada fasilitas makanan, pembayaran, pulsa dan lain sebagainya. Jadi hari ini kalau pemuda tidak berusaha menjadi tuan ru mah di dunia maya, maka kita akan tenggelam. Bisnis hari ini tidak memerlukan toko dan kantor. Akan banyak toko yang tutup, akan banyak pekerjaan yang hi lang. Kita harus berpacu disemua aspek, termasuk dibidang pendidikan.ungkap Sekda Yuen Karnova.

Pemko sudah mulai menyikapi nya dengan menfasilitasi pemuda untuk mu lai pindah ke aplikasi online dalam berusaha. Karena itu Yuen berharap mari kita coba bangun dan bangkit dalam menghadapi tantangan ini. Masalah hari ini harus dihadapi dengan solusi zaman kini.tambah Yuen Karnova.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan, MAP dalam kesem patan itu mengatakan menjadi seorang manusia maka kita adalah seorang pemim pin. Seorang manusia juga adalah pengabdi kepada Tuhan. Untuk menjadi rahmat bagi alam semesta. Kesuksesan diukur dari orang yang memiliki kemanfaatan yang besar, taat beribadah dan menjadi seorang pemimpin. Itulah misi manusia yang sukses.

Yang harus dimiliki pemuda adalah karakter mulia dan memiliki kompetensi sehingga menjadi bibit unggul. Salah satu jalan yang bisa ditempuh menjadi wira usaha.Senada dengan apa yang disampaikan Sekda Yuen Karnova,Imam Gunawan sangat setuju, bahwa pemuda saat ini harus inovatif, kreatif dalam melihat peluang. Perbanyak dan perluas relasi dan komunikasi, sehingga peluang nampak dan jangan sia-siakan.kata Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda tersebut. (Edis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *