27 Orang Penderita HIV/AIDS Meninggal Dunia Di Payakumbuh

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Payakumbuh, Fahman Rizal menyebutkan bahwa jumlah temuan HIV/AIDS sejak Januari 2004 hingga akhir Desember 2018 didaerah itu mencapai 85 Kasus. Dari 85 orang tersebut 27 orang diantarannya yang tersebar di beberapa kecamatan di Kota Payakumbuh telah meninggal dunia.

Jumlah Orang Dengan HIV/AID (ODHA) yang meninggal tersebut terbanyak di Kecamatan Payakumbuh Barat yakni sebanyak 11 orang, disusul KecamatanLamposi Tigo Nagari (Latina) sebanyak 6 orang, 4 orang di Kecamatan Payakumbuh Utara dan di Kecamatan Payakumbuh Timur dan Selatan masing-masing 3 orang.

Mengantisipasi terus berkembangnya bahaya HIV/AIDS, Fahman Rizal mengajak generasi muda untuk tidak melakukan hal-hal terlarang dan menyimpang yang dapat berdampak pada terus bertambahnya jumlah penderita HIV/AIDS, selain itu Fahman juga mengajak seluruh warga Payakumbuh untuk mencegah penularan HIV/AIDS.

“ Iya, jumlah temuan HIV/AIDS sejak tahun 2004 lalu mencapai 85 orang, dari jumlah itu 27 orang diantarannya telah meninggal dunia yang tersebar dibeberapa kecamatan di Kota Payakumbuh.” Sebut Fahman Rizal, Senin sore 2 Desember 2019.

Ia juga menambahkan, pihkanya secara terus menurus melakukan pendampingan kepada warga yang berpotensi terjangkit penyakit HIV/AIDS. Sebab, keluarga yang memiliki anggota keluarga terkena HIV/AIDS juga berpotensi terkena penyakit mematikan yang disebabkan melakukan hubungan seks bebas tersebut.

Terkait antisipasi bertambahnya kasus HIV/AIDS di Payakumbuh, Fahman menyebutkan pihaknya juga secara rutin melakukan penyuluhan ke berbagai elemen masyarakat, kelurahan hingga ke sekolah-sekolah. (Edw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *