Pemuda IKKAPES Jaro Batu Bentengi Diri dengan Keagamaan

oleh

SOLOK, dekadepos.com-

Ikatan Pemuda Pelajar Surau (IKAPPES) Darul Aliyah, Dusun Jaro Batu, Pakan Jum’at,  Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, kabupaten Solok, berkomitmen ingin keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat banyak,  baik di Jorong dan Nagari.

Ketua pemuda Mushalla Darul Aliyah yang juga Ketua pemuda Ikappes, Jelmon Sandra, menyebutkan bahwa peran pemuda dalam membangun daerah tempat tinggalnya,  sangat dibutuhkan. Apalagi pemuda sebagai generasi penerus dan ‘paga’ nagari,  harus aktif pada setiap iven yang ada di kampung.

“Kalau kita tidak belajar dari sekarang,  nanti kita sudah dewasa akan merasa tertinggal, ” sebut Jelmon Sandra.

Dibawah pimpinannya,  pihaknya ingin pemuda Ikappes tidak terlibat pergaulan bebas dan penyalahgunaan obat-obat terlarang seperti narkoba.

“Kita akan saling menjaga agar generasi kita tidak sampai salah langkah. Caranya ya dengan perbanyak kegiatan keagamaan, ” sebut Jelmon Sandra.

Selain itu,  pemuda Ikappes juga selalu meminta pendapat dengan dua orang senior mereka yang saat ini bekerja di media ternama di Sumbar,  seperti Sawir Pribadi dan Sifriwandy. NR.

Berbagai kegiatan positif yang pernah mereka gelar adalah wirid remaja dan menghadirkan selawat dulang di mushalla mereka. Menurutnya,  pesan yang disampaikan oleh selawat dulang adalah pesan keagamaan yang berguna untuk pedoman hidup.

“Kalau zaman dulu gak yang tua tidak yang muda suka pada acara selawat dulang ini. Tapi ini selawat dulang kalah bersaing dengan Mak Lepoh dan Band Niji. Jadi kami ingin para remaja mengenal kembali selawat dulang ini,” jelas Jelmon Sandra.

Pihaknya berharap agar nilai yang terkandung dalam isi selawat dulang, bisa direnungi oleh kaum remaja, karena dalam paparan selawat dulang lebih banyak mengisahkan tentang kehidupan manusia dan hubungannya dengan Tuhan Sang Pencipta.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bapak Walinagari dan Bapak Jorong serta mamak-mamak kami yang sangat mendukung keguatan kami selama ini, ” sebut Jelmon Sandra yang diamini Sekretris, Yola Desra.

Walinagari Jawi-Jawi Guguak,  Laswir Malin Putih,  mengaku akan mendukung setiap aktiviras pemuda, apalagi yang bersifat keagamaan.

“Intinya,  baik buruk nagari ini tidak terlepas dari peran pemuda, jadi kegiatan pemuda yang bersifat positif pasti akan kita dukung,  ” sebut Laswir Malin Putih. (wandy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *