Dua Jam Pembersihan, Jalur Sumbar-Riau Kembali Normal

oleh

Kabupaten Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Sekitar dua jam dilakukannya pembersihan material longsor yang terjadi Rabu siang 4 Desember 2019 Jalan Negara Sumbar – Riau di Jorong Air Putih jelang Kelok Sembilan di Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, kini arus lalulitas kembali normal dan telah bisa dilalui seperti biasanya.

Proses pembersihan material longsor berupa tanah, lumpur, batuan besar serta pepohonan itu dilakukan menggunakan dua alat berat. Kapolres Limapuluh Kota AKBP Sri Wibowo melalui Kanit Turjawali, IPDA Ariman Sural mengatakan bahwa proses pembersihan berlangsung cukup cepat sehingga arus lalulintas kembali berjalan normal. Ia juga menghimbau para pengguna jalan untuk terus berhati-hati saat berkendara, apalagi saat sekarang dimusim hujan.

“ Iya, sekitar dua jam dilakukannya pembersihan menggunakan dua alat berat dan dibantu mobil pemadam kebakaran untuk menyiram sisa material longsor, arus lalulintas telah kembali normal. Kini arus telah difungsikan seperti biasanya.” Sebutnya, Rabu sore 4 Desember 2019.

Apriman Sural juga menyebutkan, sebelumnya pihaknya memberlakukan buka tutup jalan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dari dan arah Riau. Penutupan total akses jalan baru dilakukan saat petugas melakukan pembersihan material longsor.

Selain menghimbau pengendara untuk tetap hati-hati saat melintas di wilayah hukum Polres Limpuluh Kota, khususnya di daerah yang rawan longsor. Ia juga menyebutkan bahwa Jalan Raya Negara Sumbar-Riau di KM 150-17 di Ulu Aia, Koto Alam dan Pangkalan adalah daerah yang rawan bencana longsor dan harus diwaspadai. (Edw).