Kabupaten Solok Banjir dan Longsor, 3 Unit Rumah Hanyut

oleh

SOLOK, Dekadepos.com

Hujan deras yang turun di Kabupaten Solok,  membuat beberapa nagari di daerah itu diterjang longsor dan banjir. 

Setelah longsor di Sibarambang,  Tigo Lurah dan Air Dingin,  Jum’at dini hari sekira pukul 00.10 menit,  longsor dan banjir juga menghamtam jorong Ujung Ladang, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak,  Kabupaten Solok. Akibatnya,  sebanyak 3 Unit Rumah warga hanyut dan akses jalan terputus. Meski tidak korban jiwa akibat bencana tersebut,  namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. 

“Longsor terjadi disaat warga sedang tertidur pulas dan beruntung tidak ada korban jiwa, ” cetus Maulana Tanvis Vivo (26), warga Ujung Ladang. 

Diantara rumah warga yang tertimpa musibah longsor antara lain milik Atri, Guru SDN 12 Koto Sani jumlah anggota keluarga   7 orang, rumah  J Gindo Kayo dan rumah milik Aida yang dihuni 2 orang suami istri.

“Saat ini semua korban longsor dan banjur mengungsi ke  Masjid Nurul Yaqin di Ujung Ladang dan dibantu warga di sini, ” terang Maulana. 

Camat X Koto Singkarak,  Drs. Syahrial,  MM,  membenarkan kejadian tersebut.  “Saat kami bersama Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Solok, Dinas PUPR dan Dinas Sosial serta Tim SAR sudah berada lokasi untuk melakukan pendataan terhadap rumah dan warga yang terkena longsor ” sebut Syahrial. 

Disebutkannya,  karena akses jalan terputus, maka untuk menuju Ujung Ladang,  pihaknya harus mencari jalan alternatif yakni harus berputar ke Aie Angek dengan menggunakan sepeda motor. 

“Semua korban lingsor kita instruksikan dulu untuk di ungsikan ke Masjid Nurul Yaqin dan kita beri bantuan berupa makanan siap saji dan selimut, ” terang Syahrial.

Bahkan diantara rumah warga,  ada yang hilang ditutup material longsor dan dibutuhkan alat berat untuk mengangkat materialnya. 

Wakil Bupati Solok,  H. Yulfadri Nurdin,  saat berita ini diturunkan, juga akan meluncur ke lokasi untuk meninjau korban longsor dan banjir Ujung Ladang (jarbat) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *