Banwaslu Sijunjung Lounching Buku Pengawasan Pemilu

oleh

Sijunjung,dekadepos.com

Bawaslu Kabupaten Sijunjung melaksanakan launching buku catatan pengawasan Pemilu Tahun 2019 di Ranah Lansek Manih, Senin (30/12/ 2019) di aula Wisma Kelurga Muaro Sijunjung.

Acara tersebut dihadiri partai politik, ormas, KPU Kabupaten Sijunjung dan unsur Forkompimda Kabupaten Sijunjung serta instansi terkait.

Acara yang dibuka ketua Bawaslu Kabupten Sijunjung, Agus Hutrial Ttul, S.Pi, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan launching buku catatan pengwasan sebagai catatan perjalanan pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kabupten Sijunjung di Ranah Lansek Manih selama pemilihan umum Tahun 2019.

“Dengan launching buku catatan pengawasan ini diharapkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap proses pengawasan pemilihan umum tahun 2019 dan sebagai salah komitmen Bawaslu Kabupaten mewujudkan keterbukaan informsi publik,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Syofian Hendri, S.Pdi dalam sambutannya mengatakan bahwa buku catatan yang dibuat Bawaslu Kabupaten Sijunjung merupakan kinerja yang telah dilaksanakan selama menjalankan tugas pokok dan fungsi pengawasan Pemilu Tahun 2019.

“Dengan adanya buku catatan pengawasan Pemilu Tahun 2019 di ranah lansek manih ini tentunya sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan pengwasan yang lebih baik kedepannya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kajari Sijunjung yang diwakili Febri Harinto, SH juga mengungkapkan apresiasi terhadap penulisan buku catatan pengawasan sebagai inovasi, dimana disusun sesuai pengalaman dan sebagai sarana penyebarluasan informasi kinerja Bawaslu untuk keterbukaan informasi publik.

“ Dengan adanya buku catatan ini akan menimbulkan konsekuensi kedepannya, dimana masyarakat akan lebih mengetahui kerja Bawaslu sehingga masyarkat akan lebih kritis dan akan bnyak saran-saran serta masukan dari masyarkat kedepanya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol dan Linmas yang diwakili Kasi Bina Politik, Yan Hadin, SH mengatakan catatan pengawasan Pemilu Tahun 2019 sebagai bahan evaluasi untuk menyonsong penyelenggaraan Pilkda serentak Tahun 2020.

Selain itu anggota Bawaslu Divisi pengawasan, Riki Minarsah, SE ,dalam sambutannya juga menyatakan bahwa pengawasan merupkan pencegahan pelanggaran terhadap pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu, dimana dalam buku catatan pengawasan akan terlihat siapa saja pelaku sejarah pengawasan Pemilu legisltif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“ Keterbukan Bawaslu terhadap kinerja pengawasan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Sijunjung yang dituangkan dalam buku catatan pengawasan merupakan wujud nyata keinginan Bawaslu untuk peningkatan kinerja pengawasan dan berharap kepada seluruh stake holder beserta instansi terkait dan media massa untuk bekerjasma mengsusksekn penyelenggaran Pilkada serentak Tahun 2020 mendatang, ” ujarnya.

Selanjutnya anggota Bawaslu Kabupaten Sijunjung divisi hukum, penindakan pelanggaran dan sengketa, Juni Wandri, SH, M.Kn menambahkan bahwa selama Pemilu Tahun 2019 terdapat 4 kasus temun dugan pelanggaran terdiri dari 1 kasus dugan pelanggaran kode etik dn 3 kasus pelanggaran peraturan perundang-undangan lainnya, serta 4 kasus laporan terdiri dari 1 kasus laporan pelnggaran administrasi dan 3 kasus dugaan pelanggaran pidana.(heru)