Baznas Kabupaten Solok Serahkan Bantuan Usaha Produktif Kepada 450 Orang Mustahik

oleh

SOLOK, dekadepos.com-

Baznas Kabupaten Solok, hari Rabu (15/1), menyerahankan bantuan Usaha Produktif Kepada para Mustahik yang ada di Kabupaten bumi penghasil bareh tanamo tersebut.

Acara penyerahan dilakukan di ruang Solok Nan Indah, kantor Bupati Solok. Acara dihadiri Bupati Solok,  yang diwakili oleh Kabag Kesra, Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M,Si. Selain itu tampak hadir Ketua Baznas Kabupaten Solok Drs. H.Sukardi, Waka 1 Bagian Pengumpulan, Nazaruddin, Waka 2 Bidang Pendistribusian Baznas H. Elyunus, Waka 3 Bagian Keuangan Sahrul Ramadhan, S,Ag, Waka 4  Bidang Adm dan SDA Dra.Fauziah Amir dan para penerima zakat bantuan usaha produktif.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan,  H.Elyunus, melaporkan bahwa Pemkab Solok melalui Baznas,  akan menyalurkan zakay kepada mereka yang masuk kategori Mustahik, miskin, kurang mampu dan fisabilillah kepada penerima yang berhak. Sementara yang  berhak menerima peserta berasal dari semua OPD Kabupaten Solok. Zakat tersebut barasal dari masyarakat Solok. Sementara tujuan penyaluran Dana zakat ini adalah dalam rangka penuntasan pragram 2019 dari baznas yang mana penyaluranya baru dapat dilakukan pada hari ini.

Sementara jumlah penerima zakat mustahik ini sebanyak 450 orang dengan jumlah dana yang akan didestribusikan sebanyak 300 juta. “Proses seleksi penerima zakatnya sudah kita serahkan kepada SKPD masing masing dan Baznas hanya menerima daftar penerima zakat dari Kepala SKPD masing masing,” sebut Elyunus.

Sementara Ketua Baznas Kab Solok Drs.H.Sukardi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya berharap yang menerima zakat ini betul betul orang yang berhak menerimanya.

“Pergunakan zakat yang bapak/Ibu terima untuk hal hal yang produktif/bermanfat untuk menambah pendapatan. Kita semua berharap akan semakin banyak orang orang yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Solok,” sebut Sukardi. Sementara  pendistribusian yang kami lakukan sudah sesuai dengan data yang kami terima dari kepala SKPD masing-masing, yang pembagiannya selalu bergilir setiap tahunya, mungkin tahun ini saudara yang dipilih dan tahun besok akan digilir pada yang lainya.

Bupati Solok yang diwakili oleh Kabag Kesra, Ahpi Gusta Tusri,S.STP, M,Si, dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada Baznas Kabupaten Solok yang sudah membuat program penyaluran zakat untuk mustahik sebagai bentuk bantuan usaha produktif.

“Pergunakan zakat yang Bapak ibu berikan untuk sesuatu yang bermanfaat dan produktif tidak untuk hal hal yang bersifat komersil,” sebut Ahpi Gusta Tusri.

Disebutkannya,  pemerintah Kabupaten Solok sangat mendukung program – program dari baznas yang selalu bersifat membantu maayarakat.

“Selain PNS, kami juga berharap semakin banyak orang yang menyalurkan zakat melalui Baznas agar nantinya jumlah penerima zakat untuk tahun yang akan datang penerima zakat bisa dibantu lebih banyak lagi,” sebut Ahpi Gusta Tusri. (wandy)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *