Wagub Sumbar dan Direktur Mitigasi BNPB Tinjau Banjir Bandang Malalo

oleh

Batusangkar, dekadepos.com

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Sabtu (18/1/20) bersama rombongan turun ke lokasi musibah ‘Banjir bandang’ di Jorong Tanjuang Sawah Nagari Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan.

Ia tiba, sekitar pukul 13.30 WIB langsung meninjau lokasi bencana didampingi anggota DPRD Tanah Datar Herman Sugiarto, Kepala Dinas Sosial dan PPA Yuhardi, Kadsi Kominfo Drs Abrar, Kepala Dinas Perkim LH Dessy, Kepala Dinas PU Novi Hendri, kalaksa BPBD Thamrin, Kasat Pol PP Damkar Yusnen, camat Batipuh Selatan, Wali nagari Padang Laweh Malalo, dan para petugas lain.

Dalam kunjungan Wagub ke lokasi langsung melihat rumah masyarakat, dan bangunan diterjang bebatuan, dan pohon- pohon kayu besar yang jatuh dari bukit serta lumpur menggenangi sawah masyarakat begitu juga badan jalan sepanjang 250 meter.

Dari pengamatan insan media Wagub Nasrul Abit juga memantau dan memberi arahan kepada Kalaksa BPBD Thamrin,dan wali nagari, pemuka masyarakat,  dan masyarakat korban untuk penanggulangan kondisi yang ada, kondisi banjir bandang yang memporakporandakan rumah, bangunan, sawah ladang masyarakat.

Akibat musibah banjir bandang telah merusak delapan unit rumah, satu bengkel, kantor PDAM, dan kantor jorong, dengan kerugian harta benda tercatat 15 karung padi, 10 karung jagung, dua ekor sapi ternak, 10 ekor kambing, satu sepeda motor, dan satu unit mobil.

Namun berapa kerugian sebenarnya, sebut kalaksa BPBD Tanah Datar Thamrin belum bisa dipastikan ” Kerugian dan kerusakan sedang kita hitung, Insya Allah , Senin (20/1/20) akan bisa diestimasi ,” tutur Thamrin.

Sabtu(18/1/10), kondisi Jorong Tanjuang Sawah Nagari Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan masih terlihat kesibukan disana-sini.Alat-alat berat terlihat sibuk memindahkan pasir berlumpur ke lokasi untuk memuluskan arus lalu lintas di nagari Padang Laweh Malalo.Alat -alat berat masih terus berdatangan untuk membersihkan material – material yang mengganggu.

Dalam kesempatan itu, Wagub Nasrul Abit menyerahkan bantuan pribadi berupa beras dan beberapa kardus mie ” Khusus bangun Pemda provinsi akan diserahkan, Minggu (19/1/20) ,” ucap Nasrul Abit usai jumpa pers dengan rekan wartawan.

Selain Wagub Nasrul Abid, tampak juga Direktur Mitigasi BNPB pusat Medi H didampingi staf nya turun meninjau bencana banjir bandang langsung disambut anggota DPRD Tanah Datar Herman Sugiarto yang sama-sama berasal dari Malalo.

Medi H memberikan berbagai petunjuk kepada Kalaksa BPBD Thamrin, Herman Sugiarto dan wali nagari Padang Laweh agar segera membuat surat yang ditujukan kepada pemerintah daerah, BPBD provinsi, dan BPBN pusat ,apa-apa yang dibutuhkan untuk pemulihan bencana alam banjir bandang di Malalo.

Terakhir Direktur Medi H, berpesan agar pemerintah daerah, Nagari, dan masyarakat terus waspada mengamati tanda-tanda alam di Malalo, mengingat curah hujan akan terus turun menjelang bulan Maret 2020 mendatang. (hatiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *