Musrembang Nagari Tanjung Barulak, Empat Anggota DPRD Tanah Datar Tidak Hadir

oleh

Batusangkar, dekadepos.com

Selain pelaksanaan pembangunan fisik, pembangunan non fisik juga harus dimasukkan dalam pembahasan musrembang nagari, karena hal itu sangat bermanfaat bagi anak kemenakan kita.

Nuryeddisman Ketua Tim 1 Kabupaten Tanah Datar menyampaikan sambutan itu saat  membuka Musrembang nagari Tanjung barulak, kecamatan Tanjungemas, Kamis (23/1) di kantor walinagari Tanjung barulak.

Pembangunan non fisik yang harus mendapat perhatian adalah pelatihan agama, adat, dan budaya. Di bidang keagamaan anak kemenakan harus pandai menjadi imam, khatib dan kegiatan lain terkait keagamaan di nagari.

Kita tidak merasa senang, jika tidak ada imam di mesjid, dan khatib waktu sholat Jumat. Kalau ini terjadi, maka mesjid dan mushalla akan sepi dari aktivitas keagamaan.

Disamping itu, anak kemenakan harus diajarkan adat dan budaya. Anak kemenakan musti mengerti adat, dan budaya, sehingga mereka tahu proses pelaksanaan adat dan budaya secara mendalam di nagari.

Kita menginginkan , tekan Nuryeddisman, anak kemenakan terampil membaca Alquran, memimpin sholat berjamaah, memimpin doa, memberikan ceramah agama. Dan juga tahu proses penggantian pangulu, jika pangulu nya meninggal dunia.

Nuryeddisman memberikan arahan tentang bertani, bertanam padi yang baik,  berkebun tomat, cabai, dan cara penyelamatan hasil pertanian kalau hasilnya melimpah dengan mencari Pembeli keluar daerah , membuat produk saus tomat, dan tidak dibiarkan membusuk di kebun para petani.

Pada kesempatan itu, Nuryeddisman mohon maaf dan minta izin ketidak hadiran empat anggota DPRD dari Dapil 1, karena secara tiba-tiba ada undangan ke Jakarta untuk kordinasi, dan urusan penting mengenai daerah.

Anggota dewan tersebut, jelas Nuryeddisman, adalah Eri Hendri, Jasmadi, Istiqlal, dan Nurzal.
” Kita Kan setuju bapak, dan ibu-ibuk, empat anggota DPRD ini diberi izin, dan dimaafkan ? ,” tanya Nuryeddisman yang dijawab hadirin diizinkan.

Sebelum nya, Pj wali nagari Tanjung barulak Iqbal telah menyampaikan laporan penggunaan anggaran nagari tahun 2019, dan rencana anggaran tahun 2020.

Musrembang Tanjung Barulak yang aman itu dihadiri Forkopimca Tanjung Emas, para perantau,  Pj Wali Nagari Iqbal, sekretaris wali nagari Syahrul S.Hi , wali Jorong, tokoh masyarakat dan undangan lain.(hatiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *