Ratusan Siswa SMK se Sumbar Ikuti Rekrutmen PT. Denso Indonesia

oleh

Payakumbuh,dekadepos.com

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) angka pengangguran di Kota Payakumbuh menurun secara signifikan, dimana berada pada angka 11 persen di tahun 2019.

Hal ini tidak terlepas dari Program dan inovasi yang ditorehkan pemko Payakumbuh melalui walikota Riza Falepi dan Erwin Yunaz selama ini. Payakumbuh terus mengalami pengembangan, mulai dari pembenahan di pemerintahan dengan mempermudah dan mempercepat pengurusan izin usaha di Payakumbuh, Riza Falepi juga piawai dalam menjalin komunikasi dengan dunia usaha.

Ada kerjasama pelatihan perhotelan bersama SAHID, dimana siswa dimagangkan dan dipekerjakan di jaringan hotel luar negeri seperti Thailand dan Malaysia, serta ada juga beberapa kerjasama Pemko Payakumbuh dengan balai latihan kerja.

Teranyar, Pemerintah Kota Payakumbuh menjadi satu-satunya di Indonesia yang bekerja sama dengan PT. Denso Indonesia. Kerja sama itu bermuara kepada sebanyak 150 orang siswa SMK kelas 3 se Sumatera Barat mengikuti rekrutmen tenaga kerja PT. Denso Indonesia di SMKN 2 Payakumbuh selama dua hari, Kamis dan Jumat, 23-24 Januari 2020.

“Kita mendatangi perusahaan-perusahaan itu untuk mencari tahu dan menemu kenali apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, baru kita menyusun program, dan outcomenya adalah rekruting ini,” kata Riza Falepi.

Alhasil, PT. Denso Indonesia yang pabriknya berada di Cikarang ini mau datang ke Payakumbuh, usaha kerasnya ini diharapkan mampu memberikan kesempatan kerja bagi siswa SMK di Kota Payakumbuh dan Sumbar yang saat ini sedang menjalani proses rekrutmen secara komprehensif itu.

Saat ditanya media kepada Riza bagaimana program Pemko ini turut bisa menyentuh warga dari luar Kota Payakumbuh, Riza dengan enteng menjawab semuanya tidak ada masalah, selagi kesempatan bekerja itu untuk membantu setiap orang.

“Mereka, anak-anak SMK lainnya di luar Payakumbuh adalah anak-anak terbaik dari sekolahnya yang mendapatkan kesempatan dalam program yang kita jalankan sekarang,

kita anggap ini sebagai usaha untuk membantu mereka mendapatkan pekerjaan yang layak dan bagus, ini kita anggap sebagai amal jariyah dan kewajiban kita sebagai pemimpin, kita ada untuk fokus terhadap hal ini,” kata Riza Falepi.

Kepiawaian Riza Falepi tersebut mendapat apresiasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Kabid PSMK Joko Purnomo dan Kepala Cabang Wilayah 4 Asricun yang hadir dalam perekrutan tenaga kerja siswa SMK se Sumbar menyebut program adalah yang pertama kali di Sumbar dan berharap kedepannya nanti pemerintah provinsi juga bisa melaksanakan program serupa agar tenaga kerja lulusan SMK di Sumbar bisa lebih banyak terakomodir.

“Kita berterima kasih kepada Pemko Payakumbuh yang telah memfasilitasi rekrutmen karyawan PT. Denso Indonesia, Payakumbuh telah mendekatkan peluang kerja bagi lulusan SMK terutama di Payakumbuh, Lima Puluh Kota dan Sumatera Barat. Kita berharap kepada wali kota selalu mencari terobosan bagaimana peserta didik dekat dengan dunia usaha dan industri,” pungkasnya. (edw-rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *